Hot News
6 Maret 2023

Filosofi Bonsai

 Vera Verawati


Aneka ragam pepohonan yang kita tahu berfungsi sebagai pelindung dari matahari, selebihnya apa saja manfaat pohon pada jenis-jenis tertentu jarang sekali yang tahu. Tak ada yang tak memberikan manfaat dari pepohonan dari mulai akar, batang, ranting hingga daun dan buah. Semua yang ada dalam pepohonan memberi banyak untuk makhluk hidup. 


Di antara jenis pohon yang berguna dalam penyimpanan air yaitu ; pohon beringin, pohon aren, pohon bamboo, pohon trembesi, pohon kepuh, pohon randu, pohon bendo, pohon gayam, pohon trembesi dan lain-lain.


 Kebermanfaatan dan keindahan yang ditata dengan apik melalui proses pembentukan dan perawatan yang tidak sesederhana perkiraan tercipta dalam bentuk bonsai.


Walaupun bonsai lebih populer di Jepang akan tetapi tanaman bonsai sebenarnya berasal dari China pada tahun 220 M. pada saat itu para tabib di China memiliki kebiasaan saling berkirim tanaman obat hingga kemudian menghasilkan ide untuk membuat tanaman hias dengan bentuk unik dalam pot. 


Terdapat filosopi dalam setiap liuk dahan dan bentuk pepohonan setelah melalui proses hingga menjadi bonsai sampai kemudian bernilai ekonomis. Dari pemilihan dahan yang bisa dicangkok untuk kemudian menjadi bibit, atau pemilihan bibit itu sendiri yang membutuhkan ketelitian dan ketelatenan.


Pohon yang awalnya memiliki dahan dengan cabang acak mampu dibentuk sedemikian rupa seperti yang diinginkan dan bernilai seni tinggi. Bagi para penikmat bonsai harga bukan sebuah masalah ketika merasa apa yang ada pada bonsai tersebut merupakan bahasanya yang tak bisa terungkapkan. Melalui bentuk dan keindahan bonsai seperti sedang berdialog dengan jiwanya.


Ketika yang bengkok bisa menjadi lurus atau sebaliknya, ketika yang terlihat keras untuk dibentuk menjadi begitu lentur dengan kehati-hatian, dari yang rimbun sederhana menjadi teduh penuh keindahan. Seperti halnya manusia di bumi ini, dengan kelembutan dan kasih sayang mampu terbentuk dengan talenta terbaiknya. 


Mari menanam pohon terutama yang mapu menyimpan kandungan air besar dengan bentuk yang juga cantik. Karena keseimbangan alam tergantung bagaimana manusia sebagai makhluk termulia.  Sebaik apa anda memperlakukan alam di sekitar anda. Anda menanam hari ini esok anda berhasil menyelamakan satu generasi peradaban. 


Kuningan, 060323 


Notes : Tulisan ini hasil perenungan setelah berdialog bersama teman-teman dari GABONKA (Galery Bonsai Karangmangu)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Filosofi Bonsai Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan