Hot News
2 Agustus 2023

Diduga Dicemarkan Nama Baiknya Oleh Arya Sabar Ramadhan, Mantan Ketua PWI Kuningan Lapor ke Polisi



Suarakuningan.com - Diduga dicemarkan nama baiknya oleh Arya Sabar Ramadhan, Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan, Iyan Irwandi menempuh jalur hukum. Ia  melaporkan orang belum diketahui keberadaannya tersebut kepada Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Polres Kuningan.

Hal itu dikarenakan orang tersebut telah menggunakan foto wartawan Kabar Cirebon Wilayah Kuningan tanpa izin di foto profil whatsapps (WA)-nya. Dan tidak tanggung-tanggung digunakan untuk meminta sejumlah uang kepada Korps Lalu Lintas Markas Besar Polisi Republik Indonesia (Korlantas Mabes Polri).

Alasanya, guna membantu menunjang kelancaran kegiatan liputan ke Banjarmasin selama dua minggu. Padahal Iyan Irwandi yang sempat menjadi ketua PWI Kuningan periode 2014-2017 & 2017-2020 tidak pernah merasa melakukan hal tersebut.

"Memang benar. Saya telah membuat laporan pengaduan ke Unit Tipiter Polres Kuningan," ujar Mantan Ketua PWI Kuningan, Iyan Irwandi, Selasa (1/8/2023).

Ia menginginkan Arya Sabar Ramadhan mempertanggungjawabkan perbuatannya sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Akibat dari ulah si oknum tersebut membuat nama baik lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan 2 tahun 2016 menjadi tercoreng dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk itu, secara gamblang dirinya membeberkan kronologis kejadian dengan leluasa kepada aparat kepolisian. Awalnya, pada tanggal 19-20 Juli 2023, ia bersama dengan puluhan wartawan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) kenaikan grade dari tingkat wartawan muda ke wartawan madya di Hotel Aston Cirebon.

Keesokan harinya atau tepatnya tanggal 21 Juli, ia mendapatkan telepon dari salah satu penguji UKW, H. Suherlan bahwa di group WA para penguji UKW se-Indonesia, ada share dari pengurus PWI Pusat, Prapto. Yakni, tentang percakapan orang yang mengaku wartawan anggota PWI atas nama Arya Sabar Ramadhan yang meminta sejumlah uang (termasuk mencantumkan nomor rekening bank) ke Korlantas Mabes Polri untuk kelancaran kegiatan liputan ke Banjarmasin.

Namun foto yang dishare yang atas nama Arya Sabar Ramadhan justru mirip dengan peserta UKW kategori wartawan tingkat madya di Aston Cirebon atau mantan ketua PWI Kabupaten Kuningan dua periode. Pengurus PWI Pusat menanyakan kepada anggota group WA para penguji, apakah ada yang mengenalnya atau tidak karena dari Korlantas Mabes Polri menghubungi yang bersangkutan.

"Atas dasar informasi itu, saya langsung mengklarifikasi kepada pengurus PWI Pusat karena tidak merasa melakukan hal tersebut," ucapnya.

Selain itu, dirinya pun mengklarifikasi kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) PWI Pusat, Mirza Zulhadi bahwa fotonya dicatut oleh orang yang mengaku bernama Arya Sabar Ramadhan melalui WA-nya yang meminta sejumlah uang ke Korlantas Mabes Polri supaya tidak terjadi salah paham. Apalagi nomor rekening yang digunakan adalah nomor rekening Arya Sabar Ramadhannya.

"Semoga kejadian ini tidak menimpa kawan-kawan wartawan lainnya yang tidak tahu-menahu malah dijadikan kambing hitam padahal saya bukan pejabat atau pun selebritis," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Kuningan, Nunung Khazanah pun menginformasikan bahwa dirinya mendapatkan telepon dari PWI Pusat yang mengkonfirmasi apakah ada anggota yang bernama Arya Sabar Ramadhan atau tidak. Sehingga dijawab tidak ada tapi foto yang digunakan di-WA orang bersangkutan adalah foto mantan ketua PWI Kuningan.

Kapolres Kuningan, AKBP. Willy Andrian melalui Kasat Reskrim, AKP. Anggi Eko Prasetyo didampingi Kanit Tipidter, IPTU. Dahroji membenarkan bahwa Iyan Irwandi telah membuat laporan pengaduan terkait fotonya yang diduga dicatut oleh orang yang bernama Arya Sabar Ramadhan.

Ini Percakapan Arya Sabar Ramadhan di WA;

"Assalam'mualaikum Selamat malam Bapak Firman sebelum nya saya Arya S. Ramadhan beserta rekan" , sekaligus juga saya mewakili segenap kantor dari PWI untuk mohon ijin menghadap Bapak Firman , dalam rangka kami pergi untuk tugas liputan ke daerah banjarmasin selama 2 minggu..

Saya dan beberapa rekan"  PWI yg akan pergi untuk  liputan ke sana memohon untuk meminta sedikit bantuan nya kepada Bapak Firman agar kami tidak kekurangan dalam hal apapun dalam tugas kami selama kami meliput di sana 🙏🏻.

Sekali lagi Kami dari PWI, { Persatuan Wartawan Indonesia ] Dengan Hormat Bapak Firman mau turut membantu kami untuk acara tugas kami , sebelum nya kami ucapkan banyak" terimakasih dan mohon maaf.. 🙏🏻🙏🏻. 707244638200 CIMB a/n Arya sabar ramadhan ini no rek kami Pak Firman terimakasih 🙏🏻".

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Diduga Dicemarkan Nama Baiknya Oleh Arya Sabar Ramadhan, Mantan Ketua PWI Kuningan Lapor ke Polisi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan