Hot News
18 Agustus 2023

Kreasi Tong Sampah Ide Posrem

 


Vera Verawati


Kemeriahan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 serentak ada dimana-mana. Bukan saja luar negeri tapi juga hingga pelosok desa. Berbagai cara mengungkapkan rasa syukur dari carnaval desa, berbagai macam perlombaan hiburan, hingga ide-ide kreatif yang menunjukan sejauh mana inovasi itu dicipta.

Desa Bojong Kecamatan Kramatmulya juga tak mau kalah. Setelah upacara yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Adnan sebagai inspektur upacara. “Bojong masih harus banyak berbenah, walau tidak menutup rasa bangganya karena Desa Bojong juga memiliki beberapa prestasi membanggakan terutama dalam pergerakan ekonomi mandiri,” ujarnya dalam sambutannya. 

Ada yang berbeda kali ini. Selain lomba menghias tumpeng yang rutin diadakan setiap tahun kali ini ada lomba membuat kreatifitas dari tempat sampah dengan warna semarak. Merah putih mendominasi. Pada akhirnya masyarakat memang butuh ruang untuk memberikan kontribusi bagi desanya. Dengan diberikan kesempatan untuk menunjukan kemampuan akhirnya terlihat ide-ide kreatif tercipta. Untuk Juara kreasi tumpeng dimenangkan oleh RT.10 begitu juga untuk kreasi tong sampah. 

Ada yang memanfaatkan ember bekas, bambu hingga limbah kayu yang disulap menjadi tong sampah yang unik. “Tempat sampah merupakan cara sederhana mensosialisasikan pemilahan sampah secara mandiri serta mendisiplinkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.” Jelas Andika selaku Ketua Posrem yang menginisiasi lomba tersebut. 

“Semoga tahun-tahun berikutnya Hari Ulang Tahun Republik Indonesia bisa menjadi waktu-waktu yang tepat untuk menginspirasi terlahirnya inovasi-inovasi baru dalam upaya perbaikan peran dan pelayanan desa. Serta adanya kekompakan antar warga desa dengan Pemerintahan Desa dalam membangun Desa Bojong Kecamatan Kratammulya bisa lebih baik lagi.” Pungkas Adnan. (VR)


Kuningan, 18 Agustus 2023

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kreasi Tong Sampah Ide Posrem Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan