Hot News
18 Agustus 2023

5 Tahun Roemah Film Affandi Banyak Kiprah Banyak Prestasi



suarakuningan.com - Rumah Produksi (Production House) dan wahana pelatihan perfilman Roemah Film Affandi (RFA) hari ini, 18 Agustus 2023 berusia 5 tahun. 


Meskipun rumah prdouksi, RFA lebih akrab disebut 'Sanggar RFA' ini beralamat di pusat kota Kecamatan Ciawigebang, tepatnya di Desa Ciawigebang, yakni di sebelah timur Alun-Alun Desa Ciawigebang.


Tahun 2018 Roemah Film Affandi dibentuk oleh Guru SMK Luragung Ahmad Rois Affandi (Kang Rois), lalu Farhan, Hikmat, Aldi.


Awalnya, didirikan Sanggar Roemah Film Affandi adalah untuk mewadahi para alumni SMK Negeri 1 Luragung yang beraktivitas di Ekstrakulikuler Cinematography, Bonti Cinema.


Namun, seiring waktu, pada tahun 2020, Iqbal, Hikmat dan Aldi melanjutkan pendidikan di luar Kuningan. Sehingga untuk mengisi kegiatan selanjutnya, RFA membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin sharing dan bertukar pengetahuan tentang perfilman dan teknik perfilman atau cinematography.


"Kami membuka kesempatan bagi siapapun warga Kuningan yang ingin bertukar knowledge (pengetahuan) perfilman, kita bukan expertnya, tapi lebih pada komunitas sama sama belajarlah dan berkarya bersama," ujar Kang Rois.


Film-film yang dibidani RFA diantaranya; "Bianglala" (2018), film pertama RFA yang langsung menyabet film terbaik festival Aresta, "Belik Gatok" (2018), "Mengejar Pak Kades" (2018) merupakan film dokumenter Desa Ponggok Jawa Tengah, "Takdir" (2019) menyabet 5 nominasi Festival Film Fiksi Mini Basa Sunda, dan lainnya.


Bagi Rois, film terpavoritnya adalah "Renggana" (2022) yang merupakan mimpi obsesi karya film dengan artistik yang hebat dan berhasil. Sehingga diputar di 5 kota besar di Indonesia dan disandingkan dengan film karya 5 negara lain.


Film "Bapak" (2022) yang merupakan adaptasi dari buku, bahkan telah 10 kali diputar di London dalam event " Lift-Off Global Network Sessions 2023 Official Selection"


Banyak karya yang dihasilkan RFA, selain film, ada dokumentasi acara, video prewedding, materi iklan produk, video clip, video pembelajaran, dll. Selengkapnya bisa klik web Roemah Affandi Film 


Film-film pendek karya RFA diantaranya:

Sisi Kota - Roemah Film Affandi ( 2022 )

Simpan Dia Pada Tempatnya - Ponggok Movie Camp (2018)


Yang lebih menarik lagi adalah Film Seri Kala Sandi Berkata Series (2010) Tayang 2 - 14 Agustus 2023 dan Sang Perawan Tunawisma ditayangkan di stasiun TV Kuningan.


"Prospek perfilman Kuningan sebetulnya berpeluang besar, penyuka film banyak, pembuatan-pembuatan film lumayan dan masih banyak dari luar Kuningan, sebagian malah membuat film tentang Kuningan oleh orang luar Kuningan. Diperlukan kerjasama semua pihak untuk dapat memajukan perfilman di Kuningan. Bukan sekedar teknik, namun dukungan sumberdaya dan dana untuk pembuatan sebuah proyek film,"  ujarnya.


Rois menambahkan," di Yogyakarta banyak kampus yang bahkan rutin membuat FTV juga di Bandung, ekosistem perfilman ini tumbuh subur dengan bertemu para pengguna dan pemangku kepentingan. Misal untuk iklan layanan, edukasi dan kegiatan sosialisasi." (red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: 5 Tahun Roemah Film Affandi Banyak Kiprah Banyak Prestasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan