Hot News
16 September 2023

HKTI Kuningan Jalin Sinergitas Dengan UPTD Pertanian



suarakuningan.com - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kuningan menunjukkan keseriusan dalam mewujudkan visi dan misinya untuk memajukan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Kuningan.


Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjalin sinergitas bersama pemerintah daerah Kabupaten Kuningan, bermitra dalam melaksanakan program-program yang bisa membantu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian.


Seperti yang terlihat pada Jum'at (15/09/2023), di aula Guest House The Icon Cisantana, sejumlah Kepala UPTD Pertanian berkumpul bersama para pengurus DPC HKTI Kuningan untuk membahas arah kemitraan antara organisasi HKTI bersama stakeholder terkait.


Ketua DPC HKTI Kuningan, Hanyen Tenggono, saat memberikan prakata, mengungkapkan, dalam kegiatannya, HKTI pasti akan selalu bertemu dengan stakeholder pertanian dari pemerintah yang bertugas di lapangan.


"Anggota HKTI dengan para petugas UPTD Pertanian pasti akan sering bertemu di lapangan karena tujuan kita sama, yakni memajukan sektor pertanian di masyarakat," ungkapnya.


Dalam praktiknya nanti di lapangan, jika sudah terjalin kemitraan dan saling mengenal, imbuhnya, tentu setiap program yang dilaksanakan akan terasa lebih ringan dan sukses.


Pihaknya mengajak para penyuluh pertanian yang bertugas di UPTD-UPTD Pertanian Kecamatan untuk bersama-sama bekerja dengan organisasi HKTI dalam membimbing para petani.


"Karena pada intinya fungsi dan kerja kita di lapangan adalah seiring sejalan," ungkapnya.


Sementara, perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Rohendi SP, menyebutkan, di bawah tanggung jawab Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan ada sejumlah 16 UPTD yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan.


"UPTD Pertanian dengan HKTI tentu saling berkaitan dan beririsan dalam aktivitasnya untuk membantu petani menjadi lebih sejahtera ," ungkapnya.


Ditambahkannya, saat ini ada beberapa sasaran program HKTI yang bisa disinergikan dengan DKPP Kuningan. Diantaranya adalah menghidupkan lahan yang kurang produktif agar lebih menghasilkan bagi masyarakat.


"Sekarang UPTD punya mitra yakni HKTI. Dengan adanya mitra ini, maka bisa membantu mengembangkan pembangunan sektor pertanian," ujar Rohendi.


Tentunya, dari kedinasan, pihaknya, menyambut baik kehadiran HKTI di Kabupaten Kuningan ini, karena banyak tantangan di bidang pertanian yang membutuhkan sinergitas semua pihak untuk mencari solusinya.


"Seperti permasalahan isu mahalnya pupuk di kalangan petani. Kemarin kita melihat HKTI punya produk pupuk organik yang bisa membantu memecahkan masalah ini, apa salahnya jika ini dikolaborasikan di lapangan dengan UPTD," sebutnya.


Pihak UPTD Pertanian bersama HKTI, jika sudah terjalin kemitraan, tentu bisa mencarikan solusi untuk setiap permasalahan pertanian.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: HKTI Kuningan Jalin Sinergitas Dengan UPTD Pertanian Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan