Hot News
11 Oktober 2023

32 Pengurus Anak Cabang HKTI se-Kabupaten Kuningan Dilantik



Suarakuningan.com - Dalam upaya mengintensifkan kerjasama antara petani dan pemerintah di Kabupaten Kuningan, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kabupaten Kuningan, Hanyen Tenggono SH, memimpin pelantikan 32 Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Kuningan. Upacara pelantikan yang diselenggarakan di Sangkan Park, Bandorasa, Kabupaten Kuningan, pada Rabu (11/10/2023), turut dihadiri oleh Bupati Kuningan, DPD HKTI Jabar, Perum Perhutani KPH Kuningan, serta sejumlah tokoh tani dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kuningan.


Dalam sambutannya, Ketua HKTI Kabupaten Kuningan, Hanyen Tenggono SH, menekankan peran krusial HKTI sebagai bridging institution yang menghubungkan petani dengan pemerintah, dunia usaha, lembaga keuangan, perguruan tinggi, dan komunitas. "HKTI memiliki tanggung jawab untuk melakukan konsolidasi hingga ke gabungan kelompok tani (Gapoktan), mendampingi petani dalam meningkatkan produksi, serta melakukan koordinasi dan komunikasi dengan lembaga terkait dan pemangku kepentingan. Dengan langkah-langkah ini, HKTI dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan petani langsung," ujar Hanyen.


Di sisi lain, Bupati Kuningan H Acep Purnama menyambut baik pelantikan 32 PAC DPC HKTI Kabupaten Kuningan. Ia menggarisbawahi pentingnya kontribusi HKTI dalam mengatasi tantangan ketahanan pangan lokal di tengah ketidakpastian cuaca, khususnya dalam menghadapi fenomena El Nino dan La Nina. "Kolaborasi antara HKTI dan pemerintah setempat akan menjadi solusi efektif untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Kuningan," kata Bupati Acep.


Selain kegiatan pelantikan PAC, HKTI Kabupaten Kuningan juga tengah aktif merintis pembangunan pusat penelitian dan pengembangan pertanian seluas 1,5 hektar di Kecamatan Cigugur. Proyek ini melibatkan penanaman berbagai jenis tanaman, termasuk kentang, sebagai langkah nyata dalam menjaga ketahanan pangan di daerah ini.


HKTI Kabupaten Kuningan yakin bahwa melalui kolaborasi yang kuat antara organisasi petani dan pemerintah, mereka dapat mencapai hasil yang signifikan dalam menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Kuningan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: 32 Pengurus Anak Cabang HKTI se-Kabupaten Kuningan Dilantik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan