Hot News
15 Januari 2024

Binter Terpusat Kodim Kuningan, Bersihkan Sungai Surakatiga Ancaran



Suarakuningan.com - Dalam upaya melaksanakan intruksi dari Pimpinan Pusat, Kodim 0615/KNG mengadakan kegiatan Bina Teritorial (Binter) Terpusat Karya Bakti Pembersihan Sampah di Sungai Surakatiga Desa Ancaran Kelurahan Kuningan Kabupaten Kuningan, Senin (15/1/2024).


Dengan mengusung tema "TNI AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI" kegiatan ini melibatkan seluruh unsur stakeholder baik itu Polri, BPBD, FKPPI, HIPAKAD, Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), LH, PUTR, Anggota Pramuka, Linmas, Perangkat Kecamatan maupun dari desa setempat, dan masyarakat lainnya.


Dandim 0615/KNG Letkol Inf Bambang Kurniawan mengemukakan, bahwa ada 3 kegiatan atas perintah KASAD yang kita laksanakan, yaitu pembersihan dan penghijauan untuk hutan hutan atau pegunungan yang ada di wilayah teritorial masing masing, yang kedua yaitu pembersihan pasar tradisional dan yang ketiga adalah pembersihan aliran sungai. 


"Kita ketahui khususnya di wilayah Kabupaten Kuningan ini untuk daerah yang rawan banjir itu biasanya di Daerah Cibingbin. Tapi dari awal kita sudah mengantisipasi bahwa kita koordinasi dengan BBWS untuk mengeruk sidimintasi yang ada di aliran sungai daerah Cibingbin. Karena apa, banjir banjir yang terdahulu adalah akibat sidimintasi yang sudah sangat tinggi sehingga air itu meluap ke rumah rumah warga," jelas Dandim kepada awak media. 


Oleh karena itu, dimusim penghujan seperti saat ini, Dandim menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kuningan khususnya mereka yang berada di daerah rawan longsor agar tetap waspada dan hati hati. 


"Segera lakukan koordinasi dengan aparat setempat bilamana terjadi hal hal yang tidak diharapkan," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Ancaran, Mugni, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Kodim 0615/KNG. "Alhamdulillah, saya ucapkan banyak terimakasih kepada Kodim Kuningan yang telah melaksanakan kegiatan pembersihan sungai Surakatiga yang semakin kesini semakin kotor dan semakin dangkal. Padahal setiap tahun kita bersihkan," ucap Mugni. 


Dengan adanya kegiatan karya bakti yang melibatkan semua unsur ini, Mugni berharap kemanunggalan antara TNI dengan rakyat tetap terjaga. "Semoga TNI tetap jaya dan selalu ada ditengah tengah masyarakat," ungkapnya. 


Senada dengan Kepala Desa Ancaran, Ketua Hipakad Kuningan, Eka Mulyana menyambut baik kegiatan tersebut. Sebagai keluarga besar Angkatan Darat, menurutnya sudah sepatutnya untuk mendukung penuh setiap kegiatan yang dipimpin oleh Dandim.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Binter Terpusat Kodim Kuningan, Bersihkan Sungai Surakatiga Ancaran Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan