Hot News
28 Januari 2024

Santri BSA (Bumi Santri Ar-Rumi) Cihirup Ikut Diwisuda Akbar ke-7 Forum Hufadzil Qur'an beserta 1043 Santri se-Jawa Barat



Suarakuningan.com - Sekitar 2500 pendaftar Wisuda Akbar ke-7 FHQ (Forum Huffadzil Qur`an) tahun ini, hanya sebanyak 1043 yang dinyatakan lulus munaqosah/ujian tahfidz. Yang mana 7 peserta diantaranya adalah santri dari PonPes BSA (Bumi Santri Ar Rumi) Cihirup Kuningan,  yang terdiri dari 1 peserta santri putra dan 6 peserta santri putri. 

Ujian tahfidz/munaqosah di PonPes BSA (Pondok Pesantren Bumi Santri Ar Rumi) dilaksanakan 2 gelombang yang terdiri dari 4 kategori banyaknya hafalan. Gelombang pertama untuk kategori hafalan 1 Juz sebanyak 3 peserta, 2 Juz sebanyak 2 peserta dan 4 Juz sebanyak 1 peserta dilaksanakan pada Minggu, 21 Januari 2024.

Sedangkan gelombang ke 2 untuk kategori hafalan 15 juz sebanyak 1 peserta dilaksanakan pada Rabu, 24 Januari 2024. Yang diuji langsung oleh dewan tahfidz di PonPes BSA. 

Alhamdulillah semua dinyatakan lulus sesuai dengan ketentuan penilaian yang sudah ditetapkan oleh panitia Wisuda Akbar 7 FHQ  dan layak mengikuti Wisuda Akbar 7 FHQ (Forum Huffadzil Qur`an) yang bertemakan “Al Qur`an solusi terbaik untuk ummat”  yang dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024 di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya. 



Wisuda ini dihadiri oleh  223 Orang tua dan 86 pembimbing dari 100 lebih lembaga dibawah binaan FHQ, para tokoh yang berada di Kabupaten Tasikmalaya dan Syekh Bahaudin Diraz yang mentalqinkan surat Al Fatihah kepada seluruh jamaah yang hadir.

Diawali dengan pembacaan juz 30 bersama dilanjut dengan do`a khotmil qur`an dan iringan sholawat menjadikan suasana gedung saat itu semakin menggetarkan jiwa. 

Ustadz M Aang Sopyan Ansory, S. Pd. I sebagai ketua pelaksana menyampaikan bahwa Wisuda Akbar ini sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada para santri yang telah selesai dalam program hafalannya. Namun perlu diingat bahwa ini bukanlah akhir dari perjuangan para wisudawan dan wisudawati akan tetapi menjadi awal memulai program baru,  jenjang yang lebih tinggi yaitu menjaga hafalan serta mengamalkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.  Beliau berharap Mudah mudahan kita semua dapat melaksanakannya. 



Dalam sambutannya Ketua DFW FHQ Jabar Ustadz Agus Yosef Abdulloh, M. Pd. I memberikan Tips 5AN yang harus penghafal al quran tanamkan dalam hatinya 1) Harus ada KemauAN 2) KetulusAN dalam menghafal Al qur`an. Niatkan menghafal al qur`an karena ingin mendapat Ridho Allah. 3) KesungguhAN/Istiqimah dalam menghafal Al Qur`an 4) KetaatAN  5) Jauhi KemaksiatAN. Al Qur'an suci sehingga mustahil al Qur'an akan masuk ke dalam hati orang orang ahli maksiat.

“Mudah mudahan kita senantiasa mengamalkan al qur'an, menjaga diri kita untuk meningkatkan amal baik kita dan untuk menjauhi segala perbuatan maksiat.”  harapnya. 

Suasana haru gedung semakin terasa ketika prosesi Wisuda dan sungkeman kepada orang tua, dimana air mata itu tumpah dengan penuh harap dan syukur karena sudah diberikan kesempatan dan karunia seorang anak yang senantiasa selalu dekat dengan Al Qur`an. 

Dalam tausiyah oleh KH Muhammad Nur Hayid MM disampaikan bahwa orang yang cinta Al Quran insya allah quran akan mencintainya. Sebaik baik kalian adalah orang yang belajar al qur'an dan mengajarkannya. Ahlul Qur'an adalah keluarganya Allah. Dan yang disebut dengan Ahlul quran bukan hanya yang menghafal qur'an saja tapi setiap orang yang berjuang untuk kemulian al quran.  Lebih lebih bisa sampai hafal qur`an maka itulah kekasih kekasih allah yang sejati.(riki/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Santri BSA (Bumi Santri Ar-Rumi) Cihirup Ikut Diwisuda Akbar ke-7 Forum Hufadzil Qur'an beserta 1043 Santri se-Jawa Barat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan