728x90 AdSpace

3 Maret 2016

Praktik Pembelajaran yang Baik Woooow Keren


Oleh : LILIS SAIDAH
(Fasilitator Daerah Usaid Prioritas Kab Kuningan)
Tugas utama guru adalah melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia,sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri.

Serta menjadi warga Negara yang demokratis, dan bertanggung jawab, Sejalan dengan itu kami sebagai fasilitator daerah usaid prioritas dituntut mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Guru SMPN 1 Garawangi sedang membimbing
peseta didik dalam proses pembelajaran
Nampak sangat antusias dan semangat
Dalam hal ini sebagai fasda pembelajaran melaksanakan pendampingan ke 4 sekolah mitra, yang salah satu tugasnya adalah mengamati pratik yang baik dalam pembelajaran yang meliputi: Implementasi pembelajaran kontekstual, model-model pembelajaran,pengelolaan kelas, hasil karya siswa,LK, media dan alat peraga yang inovatif, kesetaraan gender, pertanyaan tingkat tinggi, literasi,budaya baca dll yang lebih jelas ada di modul 1 dan modul 2.

Guru menilai Peserta didik sedang mempresentasikan
hasil karyanya
Praktik pembelajaran yang baik adalah yang mampu mengaktivitaskan peserta didik serta menyenangkan bagi peserta didik dan tentunya sesuai dengan sistematika yang telah dibuat. Pengalaman pendampingan selama menjadi fasilitator daerah pembelajaran.

Peserta didik sedang memajangkan hasil karyanya
Alhamdulillah semua guru-guru IPS yang berada disekolah mitra sudah baik hanya perlu lebih di motivasi kembali agar setiap guru tetap menjalankan tugasnya, kalau bisa menyarankan guru yang melaksanakan praktik pembelajaran yang baik dan terbaik mendapatkan reward dari pimpinan sekolah supaya termotivasi dan tambah semangaat woooww keren kalau ada reward penyemangat…

Dalam Praktik Pembelajaran yang baik, kreatifitas peserta didik terus digali dan dikembangkan oleh peserta didik itu sendiri sehingga, peserta didik dapat mandiri, bertanggung jawab dan dapat mengungkapkan pendapat mereka sendiri dan dapat menimbulkan kepercayaan yang tinggi.

Dalam Praktik Pembelajaran yang baik, peserta didik dituntut untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka serta wawasan mereka dengan cara mencari sumber ajar dari berbagai macam seperti ke perpustakaan, nara sumber, dilingkungan sekolah serta melalui jaringan internet yang dinamakan literasi dan Alhamdulillah semua guru-guru sekolah mitra sudah melaksanakan dengan baik.. mudah-mudahan seterusnya.. meski sudah tidak ada pendampingan demi kemajuan kita sebagai guru dan tuntutan sebagai guru profesional.

Pendamping beserta terdamping sedang merefleksi
Dan jangan lupa hasil karya peserta didik tetap berada diruang kelas ya bu guru jangan ada alasan sudah dicat ruangan kelasnya..suka sediih deh kalau hasil karya peserta didik sudah hilang entah kemana…selalu dipajang ya….

Kami sebagai fasilitator daerah mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam mendampingi guru-guru sekolah mitra usaid prioritas Kab Kuningan terima kasih Usaidku.

Banyak sekali pengalaman yang dapat diambil sebagai pelajaran untuk meningkatkan keprofesionalan kita sebagai guru, tapi ada juga dukanya..pabila guru-guru terdamping sudah merasa jenuh….kadang kita diabaikan oooh sediiih sekali…mana perjalan jauuuuuhhh..eeh dicuekin..tapi sebagai pendamping hanya bisa ngasih saran dan motivasi supaya tetap semangat…hiduup guruuu.

Akhir dari cerita ini mudah-mudahan semua guru sekolah mitra tetap semangat, pantang menyerah..apapun keadaan kita pasti alloh melindungi tetaap semangat ya..wassallam.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Praktik Pembelajaran yang Baik Woooow Keren Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan