Hot News
3 April 2024

Ustadz Alfan: Tumbuh Etos Kerja, Jiwa Peduli akan Lahirkan Silih Asah Silh Asih Silih Asuh



Suarakuningan.com – DR. Alfan Syafi’i menyampaikan apresiasi kegiatan Ngabuburide DPD PKS yang diisi oleh generasi muda PKS dan ditujukan bagi generasi muda di Kuningan secara umum. Hal tersebut disampaikan usai acara pembagian takjil dan Iftar Jama’i (buka bersama) bertempat di Jenico Coffe & Space Ciawigebang – Kuningan.


Menurutnya generasi muda ini sesungguhnya adalah masa depan kita, yang harus didekati oleh kita orangtua, dirangkul dan diarahkan. Kita menyadari sepenuhnya bahwa waktu berputar dan masa berganti, tentu tidak selamanya kita yang tua yang beraktivitas, pasti akan diganti dengan generasi berikutnya.


“Oleh karenanya kita selaku orangtua harus mempersiapkan pengganti kita. Kita memulai dengan kegiatan-kegiatan berbasis agama, seperti berbagi takjil, buka bersama untuk mengokohkan jiwa kepedulian generasi muda kepada sesama. Lebih jauh kita mempersiapkan agar menjadi generasi yang saling peduli dan saling menolong, dan itu harus kita upayakan.  Sesuai Al Quran Surat An Nisa ayat 9: Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar., ujarnya.


Ditanya mengenai kesiapannya maju di bursa Pemilihan Bupati Kuningan, DR. Alfan menyampaikan, baginya posisi sebagai Bupati adalah lahan untuk meluaskan amal lebih banyak.  Rasulullah bersabda, "Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi manusia". Dengan tangannya (kekuasaan), bisa dengan kebijakan dan lisannya, semakin tinggi amanah, menjadikan kesempatan untuk memberikan makin banyak pada masyarakat lebih luas lagi.


Mengenai kemungkinan pasangannya nanti, Ustadz Alfan menyatakan terbuka bagi siapapun untuk berpasangan, sebenarnya kita berharap membangun itu bersama, dengan yang berbeda potensi yang dimiliki masing-masing bakal calon, akan memperluas khasanah dalam orientasi pembangunan nanti. Untuk membangun Kuningan, mari kita bersinergi menyatukan potensi.


Kondisi stunting dan pengangguran di Kabupaten Kuningan menjadi keprihatinan DR. Alfan, dan menjadi satu dari dorongannya untuk maju di pilkada. Adanya potensi baik sumber daya manusia dan sumber daya alam di Kuningan serta peluang untuk kemandirian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat Kuningan.


“Dengan semangat lama yang diwariskan leluhur, Silih Asah Silih Asih Silih Asuh merupakan wujud dari meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berposisi mandiri, berbagi dan peduli kepada sesama. Kita bisa belajar dari orangtua dulu yang dengan semangat bekerja keras mengolah dan memanfaatkan alam yang Allah anugrahkan untuk kita dapat memenuhi kebutuhan kita sendiri. Dan ini adalah tugas dan kerja semua pihak. Jangan sampai kita mewariskan sifat pasif dan menunggu dan terbiarkan potensi alam menjadi tak termanfaatkan,” pungkasnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ustadz Alfan: Tumbuh Etos Kerja, Jiwa Peduli akan Lahirkan Silih Asah Silh Asih Silih Asuh Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan