728x90 AdSpace

1 April 2016

Pendidikan Karakter Kepemimpinan Bagi Generasi Bangsa

suarakuningan.com - Indonesia merupakan daerah yang sangat luas, memiliki banyak kepulauan, suku, budaya, juga agama. Keanekaragaman ini menjadikan indonesia negeri yang kaya. Penduduk indonesia yang terkenal ramah bagi warga mancanegara merupakan satu kelebihan indonesia. Banyaknya objek wisata yang dapat dikunjungi oleh warga pribumi maupun manca negara. Itu semua merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan dilestraikan.

Generasi bangsa pun merupakan aset bangsa yang harus dijaga dan dididik dengan baik agar Indonesia memiliki calon pemimpin atau generasi yang dapat menjaga negara ini dengan baik. Pendidikan merupakan aspek penting yang harus diterima oleh setiap anak. Karena dengan pendidikan akan membuat anak menjadi orang yang terdidik sehingga kedepannya mereka akan menjadi generasi bangsa yang dapat meneruskan memimpin negeri ini dengan baik. Banyak pendidikan lainnya lagi yang dapat diterima oleh generasi bangsa selain pendidikan formal.

Pemuda pemudi merupakan aset negeri sebagai calon pemimpin negeri ini baik itu pemimipin negara, pemimpin organisasi, pemimpin perusahaan, bahkan sebagai pemimpin untuk dirinya sendiri. Pengalaman merupakan pemebelajaran yang luar biasa bagi para pemuda pemudi, sehingga kedepannya para pemuda pemudi ini dapat menjadikan pengalamannya sebagai hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan tindakan kedepannya.

Pemuda pemudi yang memiliki jiwa semangat seharusnya dapat memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk sebuah perbaikan, baik itu perbaikan untuk negara maupun diri sendiri. Masa muda harus dapat dijalani dengan baik agar para pemuda pemudi ini memiliki masa-masa yang baik dalam hidupnya.

Pada zaman sekarang banyak para pemuda bahkan pemudi yang melakukan hal yang tidak produktif yang hanya merusak diri sendiri seperti pergaulan bebas, penggunaan narkoba, dan lain-lain. Hal tersebut sangat tidak baik pengaruhnya bagi dirinya maupun negaranya. Karena dengan kegiatan seperti itu menimbulkan diri yang memilki sifat tidak baik sehingga membuat dirinya tidak sadar bahwa sebenernya dirinya merupakan aset negara yang akan meneruskan memimpin negara.

Perlunya pendidikan bagi setiap anak itu untuk mencegah hal-hal tersebut walaupun tidak menjamin semuanya akan selalu baik. Perlu adanya pendampingan dan dukungan dari keluarga dan lingkungan yang dapat membuat anak memiliki karakter yang baik.

Karakter merupakan hal penting bagi setiap manusia khususnya pemuda pemudi yang merupakan generasi penerus bangsa ini. Banyak karakter yang dapat diberikan kepada anak, salah satunya karakter pemimpin. Karakter pemimpin diperlukan bagi anak termasuk pemuda pemudi karena dengan diterapkannnya karakter pemimpin ini dapat menimbulkan kepriabadian mereka yang menjadi baik bahkan mereka akan mengutamkan kepentingan orang lain, jadi kemungkinan untuk bergaul bebas, penyalahgunaan narkoba dan hal negatif lainnya dapat terhindarkan.

Karakter dapat diajarkan sejak dini, mulai dari dikasih teorinya juga sampai dicontohkan. Dengan mencontohkan kepada anak-anak, itu akan membuat mereka lebih dapat memahami dan melakukan yang diajarkan. Untuk para pemuda, pendidikan karakter dapat didapatkan melalui training ataupun pembinaan.

Training banyak diselenggarakan di Indonesia baik itu secara organisasi maupun kelembagaan. Di dalam training tersebut banyak yang memberikan teori dan aplikasinya mengenai karakter pemimpin. Jadi tidak sulit sebenarny untuk mendapatkan pengetahuan tentang karakter kepemimpinan. Itu semua kembali ke pribadi pemuda pemudi itu sendiri mengenai penting atau tidaknya pendidikan karakter kepemiminan.

Seharusnya, para pemuda pemudi ini menyadari betul akan pentingnya pendidikan karakter kepemimpinan, karena akan banyak manfaat yang didapatkan sehingga pemuda pemudi sebagai generasi penerus bangsa ini memiliki jiwa kepemimpinan yang memadai dan baik.

Memimpin memiliki arti yang sangat luas, tidak harus menjadi seorang presiden, gubernur, bupati, atau kepala sekolah yang harus mendapatkan dan mengetahui pendidikan karakter kepemimpinan, bahkan seharusnya pemuda pemudi juga harus lebih mengetahui tentang bagaimana karakter kepemimpinan itu. Selain untuk menjadikan dirinya sebagai pemimpin masa depan, juga untuk kebutuhan sehari-hari sebagai pemuda, dimana harus dapat memimpin sebuah komunitas, memimpin adik-adiknya apabila memiliki adik, juga memimpin dirinya sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Pendidikan karakter kepemimpinan harus didukung betul oleh setiap orang terkhusus keluarga dan lingkungan, karena sebagai keluarga dan lingkungan yang baik seharusnya mendukung apapun yang dapat menjadikan pemudanya lebih baik lagi.

Kesadaran dari pribadi pemuda pemudi itu sendiri yang menganggap penting pendidikan karakter itu akan lebih dapat menyerap bahkan dapat mengaplikasikan dengan baik pendidikan karakter kepemimpinan. Pemuda pemudi akan langsung mau memimpin setelah mereka sadar akan dampaknya memiliki pemimpin yang baik. Ketika sudah sadar ingin memimpin, maka secara tidak langsung pemuda pemudi akan banyak mencari ilmu mengenai seorang pemimpin.

Oleh sebab itu, ketika para pemuda pemudi sudah memiliki kesadaran untuk belajar menganai pendidikan karkter kepemimpinan dan bahkan memiliki niat untuk memimpin negara, kewajiban setiap elemen mendukung keinginannya tersebut. Dukungan dari lingkungan akan sangat mempengaruhi tindakan para pemuda pemudi dalam memimpin.

Jadi, akan sangat baik apabila pemuda pemudi di Indonesia memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan karakter kepemimpinan dan mau untuk belajar, sehingga kedepannya Indonesia akan memilki pemimpin yang mampu dengan baik memimpin negeri yang kaya ini.***

Benning Rizahra (Kuningan, Jawa Barat)
Guru Konsultan Sekolah Literasi Indonesia  Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pendidikan Karakter Kepemimpinan Bagi Generasi Bangsa Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan