728x90 AdSpace

5 Agustus 2018

Seri Tulisan. Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (1)

Seri Tulisan. “Ketika Hati Harus Memilih (KHHM)” merupakan tulisan bersambung.

Oleh: Kang Iman 
(DR. Iman Subasman (@imansubasman). Pengurus ICMI Kuningan dan Peneliti Puspamdik (Pusat Studi Pengembangan Mutu Pendidikan )

suarakuningan.com - Salah satu hal yang akan menganggu dalam perjalanan keseharian kita adalah godaan membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain. Bisikan membandingkan selalu hadir dalam beberapa kesempatan, dalam meraih prestasi, mendapatkan kesulitan bahkan dalam kondisi ketaatan pada sang Robb. Mensikapi bisikan membandingkan ini, dapat memberikan efek positif atau sebaliknya. Jika dibiarkan bisikan membandingkan dalam efek negatif, umumnya akan memberikan dampak "kesesakan"hati.

Bijak, jika setiap peristiwa diluar diri memberikan inspirasi positif. Selalu membandingkan keadaan diri dengan orang akan memberikan "gugatan"garis kehidupan pada diri orang lain, padahal setiap orang telah mempunyai garis dan agendanya masing-masing. Menanamkan pandangan seperti ini memang tidak mudah karena diri harus menumbuhkan energi kerendahan hati. Yakinlah bahwa setiap diri kita akan berjalan sesuai agenda "langit" nya masing-masing dan semuanya terbaik dariNya.

Berjalanlah dengan garis dan potensimu dan temuilah takdirmu atasnya. Bahagialah dengan apa yang diterima karena sesungguhnya itulah yang terbaik dariNya. Hati memang selalu terbujuk untuk membandingkan keadaan diri dengan orang lain, namun kadang tidak diimbangi dengan refleksi seberapa besar yang telah mereka korbankan untuk meraih keadaannya. Jangan merasa rendah dari keadaan orang yang lebih tinggi dan jangan merasa tinggi dari keadaan orang yang dianggap rendah. 

Keadaan baik tidak hanya terletak pada hasil yang diperoleh tetapi juga dari proses (perjuangan). Pada proses menuju sukses mu selalu ada X faktor yang selalu menyertaimu dan itulah rahmat. Menjadi rahmat, bila dengannya menjadikan dirimu selalu bersyukur dan berprasangka baik padaNya. Bahagialah dengan keadaanmu sendiri, itulah kebahagiaanmu.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Seri Tulisan. Ketika Hati Harus Memilih (KHHM) (1) Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan