728x90 AdSpace

9 November 2018

Artikel: Hakikat Pahlawan


(Catatan di Hari Pahlawan)
Oleh: Coach Ari (@ari_mohamad_ridwan)
Trainer Muda Kuningan / Trainer Senior Al-Multazam Connector (Amco) / Pengasuh Asrama Ponpes Terpadu Al-Multazam Kuningan

suarakuningan.com - Bangsa Indonesia mengenal tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan. Momentum perayaan ini tentunya bukan hanya sekedar hadiah, melainkan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa, raga dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri. Bahkan bisa menjadi sebuah bangsa kelas teri, diremehkan oleh bangsa-bangsa lain.

Karena itu, sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan.Seorang Pahlawan akan menjadi sangat penting karena ia akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi agar bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, tentunya kita merasa perlu untuk menumbuhkan semangat para pahlawan dalam diri kita. Menurut saya, ada 8 cara agar itu semua bisa kita rasakan yaitu:

Percaya diri. Percaya bahwa kita diciptakan tidak sia-sia, tapi ada tujuan. Dan salah satu tujuan kita diciptakan adalah untuk terus bisa berkontribusi pada diri sendiri, keluarga, agama, bangsa, dan negara.

Akal dioptimalkan. Akal merupakan pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya. Jika akal manusia dioptimalkan dengan baik, maka potensi yang dimiliki seorang manusia bisa dimanfaatkan untuk kebaikan.

Hargai waktu. Menurut orang barat, waktu adalah uang. Tapi menurut saya waktu adalah kehidupan, karena waktu tidak bisa dibeli dengan uang dan waktu yang kita gunakan sudah otomatis akan berpengaruh pada kehidupan.

Lakukan yang terbaik. Karena waktu kita terbatas melaksanakan kegiatan di dunia ini dan kita tidak tahu sampai kapan bisa hidup di dunia ini, maka tidak ada kata lain selain kata, ”DO THE BEST!” atau “LAKUKAN YANG TERBAIK!” Lakukan yang terbaik untuk diri, keluarga, agama, bangsa, dan negara kita.

Aktif dalam berorganisasi. Agar kemampuan kita berkembang dan ilmu yang kita dapatkan bisa langsung diaplikasikan, maka dengan mengikuti organisasi yang baik itu bisa direalisasikan. Selain itu, kita bisa lebih dekat dengan banyak orang yang punya tujuan dan semangat yang sama.

Wujudkan kebersamaan. Kebersamaan adalah hal yang perlu ditingkatkan jika melihat kondisi sekarang ini. Bentrokkan antar supporter bola, tawuran antar pelajar, gontok-gontokkan antar desa, atau bahkan saling menjelekkan antar calon pemimpin hampir setiap hari muncul di media elektronik atau media cetak. Tentu para pahlawan yang sudah berjuang mati-matian untuk menyelamatkan negeri ini akan marah melihat anak bangsa yang saling membenci. Oleh karena itu, persatuan menjadi harga mati dalam menjaga keutuhan NKRI dan menghargai jasa para pahlawan.

Amati dan pahami terus sejarah dan perjuangan para pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan cara terbaik untuk menghormati para pahlawan adalah dengan mengamati dan memahami perjuangannya yang totalitas dalam membela bangsa dan negaranya.

Nasionalisme ditumbuhkan. Nasionalisme akan tumbuh dengan sendirinya jika ketujuh hal sebelumnya bisa dilaksanakan, karena nasionalime bukan hanya diucapkan tapi dibuktikan dengan perbuatan.

Jika kita hubungkan awal huruf dari kedelapan cara di atas, maka akan membentuk kata P-A-H-L-A-W-A-N. Semoga kita bisa menjadi pahlawan yang bisa menghargai dan menghormati jasa pahlawan yang masih ada atau yang sudah tiada.

Selamat Hari Pahlawan!

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Hakikat Pahlawan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan