728x90 AdSpace

9 November 2018

Mahasiswa STIS-HK Kuliah Umum di Gedung Dewan



suarakuningan.com - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Husnul Khotimah (STIS-HK) Kuningan, tadi pagi, Jumat (9/11) melaksanakan kegiatan Kuliah Umum (Stadium General) dengan pembahasan terkait Proses Penyusunan Peraturan Daerah atau legal drafting Kab. Kuningan di Gedung DPRD Kab. Kuningan. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa STIS-HK Semester 3 dari dua Jurusan yang berbeda yaitu Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) dan Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) yang notabenenya adalah mahasiswa Hukum.

Antusias mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa, karena Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana dan sangat penting karena kita langsung bersilaturahmi dan menggali informasi dari Ketua DPRD Kab. Kuningan ( Rana Suparman, S.Sos) terkait Proses penyusunan Peraturan Daerah, sehingga mahasiswa Hukum mengetahui proses awal hingga akhir dari Peraturan yang ada di daerah.

Kegiatan diawali dengan pembukaan, serta sambutan langsung dari KETUA STIS Husnul Khotimah (KH. DR. Alfan Syafi’i,Lc.,M.Pd.I) yang menjelaskan secara global kepada mahasiswa tentang komisi-komisi yang terdapat di DPRD. Dan selanjutnya setelah Pembukaan dilanjutkan penyampaian materi dari KETUA DPRD, dari Sejarah Indonesia hingga menjelaskan bagaimana awal dari suatu penyusunan Peraturan Daerah di Kab. Kuningan,  serta sesi tanya jawab dari mahasiswa. 

Menurut, salah satu Dosen Mata kuliah Hukum STIS Husnul Khotimah (Ust. Yudi Mashudi, S.H.,M.Kn) menjelaskan “Permasalahan yang muncul dalam sebuah peraturan perundang-undangan baik di tingkat pusat maupun daerah adalah adanya pertentangan antara satu sama lain, adanya permasalahan ini mengakibatkan kesulitan dalam implementasinya bahkan bisa menimbulkan implikasi hukum yang fatal. Harapan saya Mahasiswa mampu memahami perancangan peraturan perundang-undangan/legal drafting untuk peraturan daerah dimulai dari perencanaan, persiapan, tekhnik penyusunan, perumusan, pembahasan, pengundangan dan penyebarluasan”, tegasnya. (Muhammad Bagja/STIS-HK/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mahasiswa STIS-HK Kuliah Umum di Gedung Dewan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan