728x90 AdSpace

20 Januari 2019

Artikel: Pentingnya Pendidikan Nilai Nasionalisme yang Memberikan Pengaruh Terhadap Generasi Masa Kini


Oleh : Ega Sartika ( PGSD UNIKU) 


suarakuningan.com - Saat ini nilai nasionalisme pada anak bangsa sudah mulai menurun, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya anak-anak muda yang cenderung lebih menyukai budaya luar dibandingkan dengan budaya Indonesia sendiri maka dari itu sangat penting untuk menanamkan nilai karakter nasionalisme pada generasi masa kini.

Dengan pendidikan  nilai nasionalisme kita bisa membangun karakter kepada peserta didik supaya bisa menyadari bahwa pentingnya rasa nasionalisme bagi generasi mereka karena sangat berpengaruh terhadap pendidikan mereka yang akan datang.  Nasionalisme adalah rasa cinta terhadap tanah air salah satu contoh Nasionalisme adalah menyukai tarian-tarian yang ada di Indonesia bukan menyukai tarian-tarian dari luar negeri seperti Korea namun pada saat ini banyak anak muda yang lebih menyukai dance ala Korea  Padahal tarian-tarian di Indonesia banyak yang lebih bagus dan lebihberagam dari berbagai daerah nusantara seharusnya generasi muda bisa melestarikan tarian tarian tersebut dan lebih menyukai tarian tradisional khas Indonesia.

Menurut Budiyono ( 2007 : 208) berpendapat bahwa nasionalisme  merupakan kontruksi identitas yang dibentuk melalui narasi yang kemudian digambarkan dalam berbagai definisi dan aksi. Suku bangsa berkeinginan membangun suatu pemerintahan sendiri untuk bangsanya maka mulai nilai nasionalisme untuk membangun suku bangsanya.

Dalam hal ini kita harus bisa memberikan rasa percaya diri peserta didik mengenai pendidikan yang bernilai nasionalisme dan juga mempengaruhi generasi mereka bahwanya akan bisa membentuk karakter mereka masing- masing  sebab itu kita sebagai guru harus membangun nilai nasionalisme yang ada dalam diri mereka masing-masing dengan ini juga mendapatkan pendidikan yang bermanfaat bagi peserta didik supaya memberikan pengaruh terhadap generasi peserta didik yang positif dan membawa rasa percaya diri kepada generasi mereka yang akan datang selanjutnya. 

Sering terjadinya permasalahan dalam pendidikan yang mempengaruhi peserta didik untuk mereka karena sebagai bangsa generasi muda harus menyadari dengan membangun karakter yang terdapat dalam diri kita sendiri untuk menilai dari generasi ke generasi yang akan datang dan tidak ada lagi generasi yang hilang dalam jiwa muda kita atau diri sendiri dan masalah perilaku peserta didik sering kali menjadi akibat dari hal tersebut. 

Kita sebagai masyarakat awam juga harus mengetahui pendidikan yang dilakukan peserta didik supaya tidak mudah terpengaruh dalam generasi mereka yang semakin merosot karena banyak peserta didik yang salah mengartikan tentang pendidikan halnya pendidikan itu sangat penting bagi peserta didik supaya generasi mereka tidak terpengaruh di masa yang akan datang.

Saat ini banyak pengaruh dari luar yang membuat generasi muda  luntur rasa nasionalismenya. Setiap peserta didik memiliki karakternya masing-masing peserta didik juga menggambarkan karakter mereka masing-masing yang berbeda-beda sifatnya namun hal ini juga yang sangat mempengaruhi dalam generasi mereka yang akan datang. peserta didik A dalam pendidikan sangat memahami karakter yang ada dalam diri mereka sehingga memberi pengaruh yang baik terhadap generasi yang akan datang.

Pada dasarnya pendidikan sangat penting bagi peserta didik supaya untuk membentuk karakter mereka masing-masing yang ada dalam diri dan juga guru bisa memberi pengaruh yang positif terhadap generasi peserta didik yang akan datang, peserta didik juga  memiliki rasa percaya diri terhadap pada diri mereka sendiri suatu saat bisa memberi pengaruh yang positif ataupun negatif terhadap generasi masa yang akan datang. 

Orang tua juga sangat berpengaruh dalam pendidikan peserta didik supaya dapat menjadi karakter yang baik bagi peserta didik dan menjadi generasi penerus yang selanjutnya  dan juga penting untuk orang tua supaya peserta didik tidak terjerumus dalam hal yang tidak diinginkan pada generasi yang akan datang. 

Dan juga bisa memberi pengaruh untuk hanya sedikit pemikiran seseorang yang memberi pengaruh pada peserta didik yang memiliki generasi pada masa yang akan datang dan juga banyak peserta didik yang tidak memiliki sikap  tanggung jawab terhadap nilai nasionalisme pada peserta didik. Pada akhirnya ada beberapa yang belum mengetahui tentang nasionalisme pada peserta didik.

Pada dasarnya kita sebagai seorang guru harus bisa memiliki rasa tanggung jawab pada peserta didik untuk  generasi mereka yang akan datang, supaya generasi masa kini memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.  orang tua juga berperan sangat banyak untuk menanamkan rasa nasionalisme pada anak salah satunya mengajak anak untuk menggunakan produk buatan Indonesia, atau menyukai tarian tradisional khas Indonesia supaya anak mengetahui lebih banyak kebudayaan Indonesia sehingga akan menimbulkan rasa cinta terhadap Indonesia. Hal ini dapat membentuk karakter peserta didik memiliki nilai nasionalisme yang tinggi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Pentingnya Pendidikan Nilai Nasionalisme yang Memberikan Pengaruh Terhadap Generasi Masa Kini Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan