728x90 AdSpace

10 Januari 2019

Ditemukan! Lokasi Bekas Penggalian Arca Gagajahan di Desa Cimara



suarakuningan.com - Lokasi Arca Gagajahan berada di lereng gunung yang terletak di Desa Cimara, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan. Gagajahan, sebutan masyarakat setempat, merupakan arca terakota yang bentuknya menyerupai gajah jika dilihat dari bentuk telinga dan belalainya yang patah. 

Di punggung arca gagajahan terdapat pahatan pelana serta lilitan tali. Dalam mitologi hindu, gajah adalah kendaraan Dewa Indra. Gajah kendaraan Dewa Indra bernama Airawata, adalah seekor gajah putih yang merupakan pemimpin gajah-gajah penjaga alam semesta. 

Sekilas informasi diatas adalah sebuah informasi yang ada di museum tentang keberadaan arca gagajahan yang ada di Kabupaten Kuningan. Mendengar akan informasi ini, tim Kelana Buana melakukan penelusuran akan hal tersebut langsung ke lokasi di Desa Cimara Kecamatan Cibeureum (dulu masuk kecamatan Cibingbin). 

Di lokasi tim kelana buana yang dipimpin oleh Mang Kusnadi dan Kang Dhani bertemu dengan Ketua RT setempat, Tarsono (60 tahun). Beliau mengantarkan tim langsung kelokasi dimana arca gagajahan tersebut pertama kali ditemukan.

Menurut penuturan beliau, dahulu dilokasi terdapat 3 buah arca gagajahan yang tertata secara berjejer. Namun pernah ada peneliti yang membawa ketiga arca tersebut dengan alasan keamanan. 

Kini lokasi arca gagajahan tersebut sangat kotor dan tidak terawat, daun- daun berserakan dan aneka tanaman tidak terawat. Hanya tersisa 2 buah lubang hasil penggalian yang belum ditutup. Sedangkan dahulu saat masih terdapat arca gagajahan, disini areanya sangat bersih dan terawat.(dhani/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ditemukan! Lokasi Bekas Penggalian Arca Gagajahan di Desa Cimara Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan