Hot News
10 November 2015

RS Juanda Kuningan, Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik


Suarakuningan.com - Melihat betapa kokohnya budaya bangsa-bangsa berhuruf dan berbahasa asli, serta mempertahankannya di ruang publik, bahkan internasional. Seperti bahasa dan aksara Arab, China, Soviet, Jepang, di Indonesia belakang makin meningkat kesadaran penggunaan Bahasa Indonesia terutama di Ruang Publik.

Sering awam bingung istilah di rumah sakit - rumah sakit, misal "Emergency Room", tapi akan lebih faham bila tertulis "Unit Gawat Darurat", di Bioskop dan Hotel mungkin kata "Open" atau "Exit" juga akan lebih nasionalis kalau terulis "Buka" dan "Keluar".

Penggunaan bahasa nasional di Ruang publik ini akan meningkatkan pamor sekaligus minat turis asing untuk mengenal dan mempelajari bahasa kita.  

Untuk meningkatkan semangat penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik di Jawa Barat, Balai Bahasa Propinsi Jawa Barat melaksanakan lomba bertajuk "Pemartabatan Bahasa Indonesia di Ruang Publik"

Lomba yang diadakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa barat ialah untuk memberikan apresiasi kepada Pemilik usaha seperti Hotel, Rumah Sakit, dan Pusat Perbelanjaan yang memartabatkan Bahasa Negara yakni Bahasa Indonesia.

Contoh nyata dari pemartabatan bahasa ini ialah dalam penggunaan istilah – istilah di ruang publik dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

RS Juanda mengalahkan seluruh rumah sakit yang ada di Kuningan. Hal ini jelas terbukti dari istilah atau petunjuk rumah sakit yang apik menggunakan Bahasa Indonesia, seperti: VIP = Naratama, R. ICU = Ruang Perawatan Intensif, Laundry = Penatu, Rontgen = Radiologi dll.

Dengan demikian RS Juanda Berhak mewakili Kuningan untuk melanjutkan perjuangan di Provinsi bersaing dengan rumah sakit – rumah sakit se- Jawa Barat.

Direktur RS Juanda, dr. Herman Joyo, di tempat kerjanya, Selasa (10/11) menyampaikan, "Alhamdulilah keja keras kami tak sia – sia, dengan niat untuk memartabatkan Bahasa Indonesia. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Propinsi melalui Balai Bahasa dan juga Pemkab Kuningan yang telah memberikan Apresiasi berupa gelar Riksawara Utama kepada kami. Kedepan, Kami Mohon doa & dukungan bagi RS Juanda yang akan mewakili Kuningan ke Provinsi guna meneruskan perjuangan ini." (Humas R Juanda/red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: RS Juanda Kuningan, Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan