Hot News
5 Juni 2016

Memetik Kisah "Bu Sepuh", Dari Rias ke Produk UKM

Suarakuningan.com - Sepertinya masyarakat Kuningan saat ini hanya mengenal "bu sepuh" adalah nama sebuah toko Sentra UKM di Jalan Raya Bojong, Kec. Cilimus, Kuningan.

Tapi untuk para gadis dan ibu tahun 80 an, siapapun mengenal bu sepuh. Wanita bernama asli Ny. Sofia Eddy Sutisna ini populer dikalangan rias pengantin dan kursus kecantikan.

Ratusan entah ribuan para remaja dan ibu-ibu pernah mengenyam kursus di Salon Rahayu miliknya. Terlebih saat itu di Kuningan, kuliah belum jadi pilihan utama para gadis. Juga yang putus sekolah, dapat langsung membuka usaha salon setelah berguru padanya.

Ketekunan dan keseriusan dalam dunia kecantikan dan rias ini mendapat sorotan dari salah satu produsen jamu kosmetik berbahan tradisional ternama, Mustika Ratu milik BRA. Mooryati Soedibyo.

Kemauannya untuk belajar dan mengembangkan pengetahuan, mengantarnya jadi Duta Mustika Ratu di beragam event di berbagai kota.

Tak lepas, pembinaan terhadap pemberdayaan perempuan di Kabupaten Kuningan, membuat beliau diangkat menjadi Ketua IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Kabupaten Kuningan untuk beberapa periode.

Dalam beberapa event baik di dalam dan luar negeri, Bu Sofia berani menawarkan sekaligus memasarkan produk-produk UKM binaannya. Permintaan pun mengalir, namun belum sepenuhnya dapat dipenuhi.

Salah satunya goreng bawang Kuningan sangat laku di Singapura dan Brunai. Belakangan opak bakar pun sempat diminta Malaysia per kontainer per bulan.

Melihat banyaknya peluang dibidang industri makanan khas ini, Bu Sofia mengalihkan usahanya dari dunia kecantikan yang melambungkan namanya.

Beliau serta merta membantu dan membina para pelaku KUKM perempuan khususnya di Kabupaten Kuningan. Bu Sofia tak segan untuk berpartisipasi dalam berbagai kesempatan seminar dan kegiatan pembinaan UKM di Jawa Barat untuk meningkatkan pengetahuannya.

Hasil belajarnya, bukan untuk diterapkan di bisnisnya pribadi, tapi dengan sukarela dibagikannya kepada para pelaku UKM binaannya.

Tak terhitung lulusan sekolah menengah, juga yang putus sekolah serta para lulusan perguruan tinggi yang sengaja berguru dan mencari inspirasi usaha darinya. Bu Sepuh tak segan-segan berbagi ilmu dan informasinya untuk kemajuan bersama.

Kini, Toko Oleh-oleh Bu Sepuh merupakan Sentra UKM yang tidak hanya dijadikan harapan oleh para pelaku UKM di Kabupaten Kuningan saja. Produk-produk dari Cirebon, Majalengka, Tasikmalaya, Ciamis dan Garut berdatangan untuk dijual di sentranya.

Untuk memperluas layanan penjualannya, Sentra UKM Pusat oleh-oleh Bu Sepuh menggunakan juga layanan toko online di http://busepuh.com.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Memetik Kisah "Bu Sepuh", Dari Rias ke Produk UKM Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan