728x90 AdSpace

-->
Update
4 Agustus 2016

Lele yang Baik Harus Punya "Status Kelahiran"


Benih yang asal-asal akan merugikan petani, karena lambat pertumbuhannya.

SuaraKuningan.com - Kabupaten Kuningan yang dikenal daerah agraris memiliki banyak potensi pertanian, peternakan dan perikanan. Sumber-sumber air yang masih cukup melimpah memberi potensi peluang budidaya khususnya perikanan. Diantaranya peluang bisnis budidaya ikan lele (Clarias sp). 

Lele mengandung protein dan lemak yang baik untuk otak janin yang dikandung sehingga meningkatkan potensi kecerdasan janin. Selain khasiat untuk mengobati asma, mimisan dan datang bulan tidak teratur, lele juga dapat meningkatkan gairah pasutri.

Namun, Banyak sekali para pembudidaya ikan lele mengaku kapok beternak. Harga pakan yang mahal, harga jual yang rendah, serta pertumbuhan ikan yang tidak bagus.

"Harga jual tentu saja sesuai mekanisme pasar, tapi kalau dikaitkan ke harga pakan yang mahal. Pertama, bahan baku tepung ikan yang diproduksi merupakan impor, kedua bisa ditangani dengan membeli Delivery Order (D.O) dan tentu saja untuk satu kelompok. Kalau dibeli untuk seorang pembudidaya akan kebanyakan," papar Lukman Mulyadi Pemilik UPR Amparan Anyar Desa Tambakbaya Kec. Garawangi.

UPR Amparan Anyar merupakan salah satu Unit Pembenih Rakyat di Kabupaten Kuningan, yang bergerak dalam bidang budidaya ikan Lele, pembuatan pakan ikan dan pembuatan produk olahan ikan.

Dan terutama, UPR Amparan Anyar merupakan Unit Pembenihan Bersertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB). Hanya unit yang bersertifikatlah secara aturan SOP Kementrian yang boleh mengeluarkan SKA (Surat Keterangan Asal) benih ikan lele. Semacam kejelasan asal usul "status kelahiran" dari asal indukan yang bersertifikat pula standar nasional.

"SKA ini sangat penting untuk budidaya ikan lele, karena termasuk penentu pertama dan utama hidup dan matinya bisnis lele kita," ujar Lukman yang juga Ketua UPR se Jawa Barat ini.

"Bagi siapa saja yang ingin mengetahui seluk beluk budidaya ikan lele dapat mengunjungi UPR Amparan Anyar. Saya sendiri bersedia melakukan penyuluhan gratis bagi siapa pun yang berminat untuk berbudidaya ikan lele," pengkas Lukman.(Dan)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Lele yang Baik Harus Punya "Status Kelahiran" Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan