Hot News
11 Agustus 2016

Sururi Si Kuda Pustaka, Tarik Perhatian Siswa dengan Buku Besar



Ridwan Sururi membawa buku-buku bacaan untuk dipinjamkan kepada
anak-anak dan warga sekitar Gunung Slamet.


SuaraKuningan.com – Ridwan Sururi (43), Kuda Pustaka dari Gunung Slamet yang biasanya membawa buku yang dengan kudanya yang bernama Luna, melakukan kegiatan yang berbeda. Kamis (11/8), setelah melakukan rutinitas meminjamkan buku, mencatat buku yang masuk dan keluar.

Sururi mengajak siswa membaca bersama dengan buku besar yang diambil dari buku bacaan berjenjang bantuan program USAID PRIORITAS. Dia mengajak anak-anak membaca secara interaktif untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Kegiatan itu kali pertama dilakukannya di SDN 5 Serang Karangreja Purbalingga saat anak-anak istirahat. 

Ridwan Sururi mendongeng dengan membacakan cerita daru buku besar
tentang ‘Seminggu di Rumah Kakek’ kepada anak-anak SDN 5 Serang
sewaktu istirahat.
“Siapa yang pernah pergi ke rumah kakek?” tanya Sururi kepada anak-anak yang sudah mengerubutinya. “Saya-saya-saya,” teriak semua siswa dengan antusias sambil mengacungkan tangan.  “Kalau begitu, saya akan menceritakan betapa serunya seminggu bermain ke rumah kakek,” saut  Sururi sambil membuka buku besar yang dia pegang. Anak-anak tampak menikmati kegiatan membaca bersama dengan Sururi. 

“Ternyata ratusan buku sumbangan dari USAID PRIORITAS, ada buku penunjangnya. Namanya buku besar. Saya baru belajar menggunakannya. Buku itu mudah menggunakannya, seperti mendongeng tapi dituntun dengan buku yang besar,” kata Sururi antusias.

Anak-anak antusias menjawab pertanyaan dari Pak Sururi dari buku
yang sudah dibaca bersama dengan mereka.
Dirinya ingat saat masih SMP, dia pernah mengirimkan cerita dongeng ke Radio Republik Indonesia (RRI) dua kali. Cerita yang pertama berjudul Sandul dan kedua adalah Timun Mas. Cerita itu dia dapatkan dari Neneknya yang tiap malam menceritakan padanya. Paginya Sururi kecil langsung menuliskannya. 

“Dongeng-dongeng dari Nenek, saya hafal sampai sekarang. Hal itu yang membuat saya semakin bersemangat untuk mendongeng atau sekedar bercerita kepada anak-anak. Cerita yang ada pesan moralnya itu pasti akan diingat sampai lama,” tutur pegiat literasi yang selalu tampil sederhana.

Seorang anak yang mendengarkan cerita dari Sururi, In Amik Midyawati, siswa kelas 3 di SDN 5 Serang, menceritakan dirinya sangat senang setiap kali Kuda Pustaka datang ke sekolahnya. Dia bisa melihat kuda, meminjam buku dan banyak orang yang berkumpul. Amik langsung mendekat ketika melihat Sururi memanggil anak-anak untuk bercerita. Buku yang dipakai oleh Sururi katanya menarik dan cara berceritanya juga lucu.

“Kami tadi di tanya-tanya, apa pernah ke rumah kakek? Dan diajak menebak isi cerita buku. Besok kata Pak Sururi ceritanya berbeda dan lebih bagus,” aku Amik dengan lugunya.

USAID PRIORITAS telah memberikan bantuan 792 buku kepada Ridwan Sururi-Kuda Pustaka penggiat literasi di lereng Gunung Slamet. Donasi buku bacaan berjenjang tersebut digunakan untuk membantu Sururi meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak-anak. (DS/Rilis/USAID/Red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sururi Si Kuda Pustaka, Tarik Perhatian Siswa dengan Buku Besar Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan