728x90 AdSpace

Update
25 September 2016

Masyarakat Sangat Antusias Tonton Pacuan Kuda Kuningan

SuaraKuningan.com - Madura boleh bangga karena punya Karapan Sapi, tapi Kuningan juga tidak mau kalah, sebagai daerah yang punya julukan Kota Kuda punya kebanggan dengan Pacuan Kuda Tradisionalnya. Acara yang biasa disebut Pesta Rakyat tersebut setiap tahun digelar dalam rangka memperingati hari jadi Kuningan. dan tahun 2016 ini merupakan tahun  ke 9 dalam rangka memperingati hari jadi yang ke 518 Kuningan.

Acara di buka oleh Bupati Kuningan yang diwakili oleh Ketua PHBN Kabupaten Kuningan Drs. H. Maman Hermansyah M. Si. Minggu, (25/9). Dengan mengambil tempat di Sirkuit Pacuan Kuda Jln. Dr. Ir. Soekarno, Kuningan, hadir dalam acara tersebut para Kepala SKPD, Para Camat dan Kepala Cabang BJB Kuningan, Maman Rukmana yang menjadi sponsor utama dalam rangkaian peringatan hari jadi yang ke 518 Kuningan.

Bupati Kuningan dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa Pacuan Kuda tradisional Pesta Rakyat merupakan ajang silaturahmi masyarakat Kabupaten Kuningan dalam memperkuat persatuan dan kesatuan sekaligus juga sebagai suguhan hiburan gratis. 

Acara tersebut juga merupakan upaya pemerintah dalam rangka membina para kusir delman agar dalam mengoperasikannya senantiasa memperhatikan ketertiban lalu lintas. Bupati juga berharap acara tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata sehingga diharapkan bisa menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Berdasarkan laporan Ketua Panitia Penyelenggara Yang juga sebagai Kepala Bagian Humas Setda Kuningan Drs. Asep Budi Setiawan M. Si. Ada Enam Kelas Kuda yang dipertandingkan yaitu kelas E, D, C, B, A dan Derby yang jumlah semuanya sebanyak 98 ekor. Karena judulnya juga Pacuan Kuda Tradisional maka kuda - kuda yang dipertandingkan adalah Kuda yang dalam kesehariannya dipakai narik delman sedangkan yang bertindak sebagai Joki juga para kusir delman itu sendiri.

Acara terasa seru apalagi di komentari oleh MC yang sudah ngetop di acara tersebut yaitu Mas Jon dari Suara Kuningan.Com. walau hujan mengguyur penonton tetap bertahan karena merasa puas dan bisa tertawa bebas menyaksikan para joki yang jatuh dari kudanya sehingga hanya tinggal kudanya saja yang terus berlari ada juga kuda yang lari keluar dari arena pacuan sehingga membuat sebagian penonton lari terbirit - birit.

Menjelang final Bupati didampingi Ibu Hj. Ika Acep Purnama hadir di arena pacuan disusul Kapolres Kuningan dan langsung disuguhi atraksi Kudang Renggong dari grouf Kuda Renggong Bap Jasam, Desa Gerba, Kecamatan Kramat Mulya.

Diakhir acara Bupati didampingi seluruh tamu undangan berkenan memberikan Tropi dan Uang pembinaan untuk para pemenang dari masing - masing kelas, sedangkan yang tidak berhasil menjadi juara diberikan uang lelah atau uang dedak sebagai pengganti penghasilan karena hari itu tidak narik. Jon's
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Masyarakat Sangat Antusias Tonton Pacuan Kuda Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan