728x90 AdSpace

Update
13 Januari 2017

Kembali, Ratusan Mahasiswa PGSD Ikuti Diklat UKS

suarakuningan.com - Ratusan mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan Diklat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Jum’at (13/1).

Diklat yang bertemakan “Melalui Diklat Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengelolaan UKS serta Pertolongan Pertama Yang Berkualitas dan Profesional” digelar oleh Program Studi (Prodi) PGSD itu dalam rangka memberikan pemahaman yang mendalam kepada para mahasiswa mengenai UKS dengan tata cara pengelolaan yang baik dan berkualitas.

“Dalam Diklat UKS yang diikuti oleh kurang lebih 204 mahasiswa semester tiga PGSD itu, merupakan agenda kegiatan tahunan yang selalu konsisten diselenggarakan oleh Prodi PGSD setiap tahunnya. Untuk tahun ini, kita menghadirkan tiga narasumber yang kompeten di bidangnya seperti Sri Mulyati, S.Km., dan Dandy Hartawan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuningan dan Engkos Kosasih dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan sengaja kami hadirkan,” kata Arrofa Acesta, M.Pd., selaku Ketua Pelaksana kegiatan Diklat UKS tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar para mahasiswa PGSD bisa meningkatkan pemahamannya tentang tata cara pengelolaan UKS dan pertolongan pertama ketika nanti menjadi seorang Guru Sekolah Dasar (SD).

“Semoga, kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mahasiswa dan mahasiswi kami sebagai bekal dalam mengelola UKS dan dapat dijadikan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa PGSD selaku calon guru SD,” harapnya.

Sedangkan, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Dr. Pupu Saeful Rahmat, M.Pd., mengatakan, kegiatan Diklat UKS yang kami selenggarakan ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya dan sudah menjadi agenda kegiatan tahunan yang harus rutin diselenggarakan secara konsisten setiap tahunnya oleh Prodi PGSD.

“Iya, kegiatan Diklat UKS ini sudah menjadi agenda tahunan dari Prodi PGSD,” tuturnya.

Selain itu, Pupu menjelaskan, tiga narasumber yang sengaja kami hadirkan dalam Diklat UKS tahun ini, masing-masing memaparkan apa itu UKS dan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan serta sejarah Palang Merah Indonesia (PMI) dan pertolongan pertama disampaikan oleh PMI Kabupaten Kuningan.

“Iya, ketiga narasumber ini akan menyampaikan tiga materi yang berbeda sesuai dengan bidangnya masing-masing. Agar selain mumpuni dalam bidang PGSD, para mahasiswa juga mumpuni dalam kegiatan intrakurikuler seperti pramuka dan uks,” jelasnya.

Ditambahkannya, UKS yang merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah itu harus benar-benar dikelola secara baik dan professional.

“Semoga, dengan adanya Diklat UKS ini, diharapkan para mahasiswa PGSD mampu memahami dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat sehingga bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga maupun masyarakat luas serta bisa mencermati Diklat ini agar membentuk lulusan yang berkompetensi,” pungkasnya.(Asep Supriadi/Uniku/red)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Kembali, Ratusan Mahasiswa PGSD Ikuti Diklat UKS Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan