728x90 AdSpace

Update
15 Februari 2018

Disdikbud Gelar Festival Angklung tingkat SD dan SMP




suarakuningan.com - Dalam rangka mendukung Kuningan sebagai Kabupaten Angklung yang telah di proklamirkan pada tanggal 21 Mei 2017, Bidang Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan bertempat di Gedung Kesenian Raksa Wacana Kuningan selama dua hari Rabu - Kamis (14-15/2) menggelar Festival Angklung antar siswa SD dan SMP se Kabupaten Kuningan. 

Untuk SD di ikuti oleh 22 Kecamatan dan untuk SMP dikuti oleh 9 sekolah. Berdasarkan penjelasan dari Kabid Budaya Drs. Dodon Sugiarto M. Pd., minimnya peserta diakibatkan peralatan angklung yang dimiliki sekolah belum semua memiliki ditambah tidak adanya waktu untuk sosialisasi, kita merancang acara ini hanya sebentar tapi sebagai tahap awal dirinya merasa bangga karena acara bisa berlangsung walau tanpa adanya suport dana yang memadai.
 
"kami bangga karena ternyata dukungan dari UPTD Pendidikan begitu besar, Guru - guru bahkan sudah ada keterlibatan masyarakat yaitu orang tua siswa yang ikut hadir untuk menyaksikan anak - anaknya pentas. Mari kita dukung anak - anak kita,  yang pandai biar jadi ilmuwan, yang berbakat biar jadi entertaitment dimana pada akhirnya akan menjadi jalan untuk bekal hidupnya, anak - anak juga dididik untuk memiliki perasaan yang lembut dan belajar bertanggung jawab," pungkas Dodon.

Secara resmi acara di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DR. H. Dian Rahmat Yanuar M. Si., hadir para Kepala UPTD Pendidikan dari 32 Kecamatan, Para kepala Sekolah SD dan SMP. Didepan hadirin Kadisdik menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan komitmen dirinya terhadap kesenian angklung yang sudah dideklarasikan pada 21 Mei 2017 dengan menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Angklung. 

Beberapa guru Kesenian yang hadir ketika diminta pendapatnya menyampaikan sangat mendukung adanya festival tersebut tapi sebelumnya ada sosialisasi dulu ke sekolah - sekolah bahkan penting sekali guru - guru diberikan pelatihan khusus tentang angklung. Ada juga guru yang mengharapkan kedepannya jenis lagu yang dilombakan tidak hanya satu lagu Indonesia Pusaka untuk SMP dan Indonesia Tanah Airku tapi harus ada lagu daerah yang ditampilkan yang merupakan lagu pilihan. Tapi untuk langkah awal dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini ujar salah seoarang guru yang mengajar di SMPN I Kuningan.

Inilah para juara dalam Festival Angklung tahun 2018, tingkat SD.
Juara I Kecamatan Cigugur; Juara II Kecamatan Cidahu, Juara III Kec. Maleber.
Juara Harapan : I Kec. Jalaksana, Harapan II Kec. Ciawigebang, dan harapan III Kec. Garawangi.

Sedang Tingkat SLTP. Juara I SMPN I Kadugede, Juara II SMPN 3 Kuningan dan Juara III SMPN I Kuningan. Dewan Juri  terdiri dari 1. Edi Kusnadi S.Sn., 2. Hj. Neneng S.Pd. dan 3. Oka Mustofa S.Sn.(Jon's)

Baca Juga:

Haol Pa Kutjit Prakarsa Saung Indung, Diapresiasi Bupati

Gemuruh Seribu Angklung Bak Alirkan Hawa Sejarah Perjanjian Linggadjati

Luar Biasa, Haol Pa Kutjit Tahun Ini "Meriah"

Pa Daeng Ciptakan Angklung 'Modern' Diatonis di Kuningan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Disdikbud Gelar Festival Angklung tingkat SD dan SMP Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan