Iklan Google 728

9 Mei 2019

Menggapai Derajat Taqwa di Bulan Ramadhan


0leh : Nunu Ahmad Jaenudin, S.Pd
(Ketua PC IPNU Kab. Kuningan)

Sebagaimana Allat SWT berfirman;

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Q.S Al-Baqoroh; 183).

Ayat ini menjelaskan kepada kita bahwa diantara sekian banyak hikmah ramadhan yang dapat kita petik yaitu agar seorang hamba dapat menggapai derajat taqwa dan melalui berpuasa adalah jalan menuju derajat yang mulia ini. Bahkan dalam agama pun dianjurkan untuk saling berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoirot), tentu dalam hal ibadah kita kepada Allah SWT salah satunya ibadah puasa dibulan ramadhan kali ini.

Hal ini dikarenakan dalam puasa, seseorang pasti akan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi setiap larangan-Nya, inilah yang disebut taqwa. Bentuk taqwa dalam puasa dapat kita lihat dalam berbagai hal.
Pertama, orang yang berpuasa akan meninggalkan setiap yang Allah larang ketika itu yaitu dia meninggalkan makan, minum, berjima’ dengan istri dan sebagainya yang sebenarnya hati sangat condong dan ingin melakukannya. Ini semua dilakukan dalam rangka taqorrub atau mendekatkan diri pada Allah dan meraih pahala dari-Nya. Inilah bentuk takwa.

Kedua, orang yang berpuasa sebenarnya mampu untuk melakukan kesenangan-kesenangan duniawi yang ada. Namun dia mengetahui bahwa Allah selalu mengawasi diri-Nya. Ini juga salah bentuk takwa yaitu merasa selalu diawasi oleh Allah.

Ketiga, ketika berpuasa, setiap orang akan semangat melakukan amalan-amalan ketaatan. Dan ketaatan merupakan jalan untuk menggapai takwa. Inilah sebagian di antara bentuk takwa dalam amalan puasa.

Demikian hikmah ramadhan yang bisa saya tulis, mudah-mudahan tulisan yang sedikit ini dapat memberikan manfaat. ***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Menggapai Derajat Taqwa di Bulan Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan