Hot News
16 Maret 2020

Pesan Ketua MUI Kuningan kepada Umat Islam


suarakuningan – Merebaknya wabah Virus Corona sama seperti wabah wabah lainnya, memang harus diwaspadai tetapi juga jangan takut berlebihan. “Orang beriman tidak akan takut menghadapi kehidupan”.

Dalam menghadapi wabah pun demikian, yang penting adalah mengatasi dan hindari potensi penyebarannya sesuai dengan petunjuk ahlinya. 

Shalat berjamaah bukan potensi wabah, apalagi sebelum shalat semua jamaah menyucikan dan membersihkan diri dengan berwudlu atau malah mandi dulu. 

Hanya saja dalam situasi wabah menyebar, sebaiknya masing-masing jamaah membawa alas sujud sendiri seperti sajadah atau sehelai kain. Pihak pengurus masjid lebih intensif lagi menjaga kebersihan dan sterilisasi sarana masjid dengan menyemprotkan cairan disinspektan. 

Artikel terkait: Peran dan Tugas Ulama

Selain itu, lakukan doa qunut penolak bala dan wabah,

Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya malli ibaadihii yaghfiru wayarham yaa daafi'al bala'i. yaa Allah wa yaa daafi'al bala'i yaa rahmaan wa yaa daafi'al balaa'i yaa rahiim idfa' annal gholaa'a wal balaa'a wal wabaa'a wal fahsyaa'a wal mungkara was suyuufal mukhtalifata wasy syada-ida wal mihana maa dhahara minhaa wamaa bathana fii baladinaa hadzaa khash shataw wamibbul daanil muslimiina ' aammatan innaka' alaama tasyaa'u qadiir.

Artinya: " Ya Allah, dengan kebenaran fatihah dan dengan rahasia yang terkandung dalam fatihah, ya Allah Tuhan Yang melapangkan kedudukan dan Yang menghilangkan kesedihan, Ya Allah Tuhan Yang Maha kasih sayang kepada hambanya, Ya Allah, Tuhan Yang menghindarkan bala, Ya Allah Tuhan Pengasih Yang menolakkan bala, Ya Allah Tuhan Yang Maha Penyayang Yang menjauhkan bala, tolakanlah dari kami malapetaka, bala, bencana, kekejian dan kemungkaran, sengketa yang beraneka, kekejaman dan peperangan, yang tampak dan yang tersembunyi, dalam negara kami khususnya dan dalam negara kaum muslimin pada umumnya, sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

Semoga Kita semua senantiasa dalam Rahmat, Ampunan dan Perlindungan Alloh SWT. Aamiin.

Drs. KH. Dodo Syarif Hidayatullah, MA;
(Ketua MUI Kabupaten Kuningan juga Pembina DKM Masjid Agung Syiarul Islam Kuningan)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pesan Ketua MUI Kuningan kepada Umat Islam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan