728x90 AdSpace

Update
14 Agustus 2020

Memakmurkan Masjid Ala DMI Kuningan

suarakuningan.com – Dewan Mesjid Indonesia  (DMI) Kabupaten Kuningan terus berkiprah dalam perjuangan meningkatkan kemakmuran masjid. Berbagai program telah dilaksanakan ; subuh rasa jum’at, Diklat Dai Simpatik, Diklat Daiah impatik, Workshop AD/ART DKM,dan lomba masjid. 

Menurut Ketua DMI Kuningan (Drs. H. Ugin Lugina, M.Pd ) sebagai program rutin tahunan pada tahun 2020 DMI Kuningan kembali akan menggelar Penilaian Masjid Sehat dan Berprestasi dengan tema Melalui standarisasi tata kelola masjid kita wujudkan masjid yang makmur, sehat dan dinamis. 

Lebih lanjut ketua DMI kuningan mengharapkan semoga dengan adanya penilaian masjid di kabupaten kuningan dapat meningkatkan tata kelola masjid sesuai standar yang telah ditetapkan sehingga semakin terasa dampak buat jamaah khususnya dan umat islam pada umumnya. 

Dalam penilaian masjid tahun ini DMI Kuningan menargetkan untuk memberi sertifikat standarisasi tata kelola masjid kepada 100 masjid peserta penilaian masjid sehat dan berprestasi dan bagi pemenang akan mendapatkan piala bergilir Bupati Kuningan dan piala tetap Ketua DMI Kuningan. 

Semua program yang telah dilaksanakan adalah sebagai upaya mewujudkan visi DMI yaitu memakmurkan dan dimakmurkan Masjid serta sebagai dukungan nyata DMI Kuningan dalam mewujudkan Kuningan yang makmur, agamis dan Pinunjul berbasis desa tahun 2023. 

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana penilaian masjid sehat dan berprestasi ( Sopyan, M.Pd )dalam pemaparannya menjelaskan bahwa target peserta penilaian masjid sehat dan berprestasi tahun 2020 sebanyak 200 masjid dengan ketentuan peserta ; 1). Masjid besar kecamatan atau masjid jami yang belum pernah menjadi juara 1 dalam lomba tingkat kabupaten/kotamadya, provinsi atau nasional, 2). Memenuhi/melengkapi peryaratan yang ditentukan Adapun fokus penilaian masjid sehat dan berprestasi adalah ; Seputar lingkungan masjid yang sehat dan kualitas pengelolaan program masjid ( DKM, Majelis Ta’lim, Remaja masjid, TPA , dan lain-lain ).

Lebih lanjut ketua panitia menjelaskan tahapan pelaksanaan ; 

- 03 - 05 agustus 2020 : sosialisasi 

- 06 - 20 agustus 2020 : pengumpulan berkas 

- 21 - 26 agustus 2020 : penilaian dan verifikasi berkas 

- 28 agustus 2020 : visitasi dan penilaian lapangan 

- 01 september 2020 : pengumuman pemenang/juara ( bertepatan hari jadi kuningan ke 522 ) 

Penilaian Masjid Sehat dan Berprestasi tahun 2020 telah resmi dibuka oleh H. Acep Purnama, SH.MH (bupati kuningan ) didampingi oleh Ketua DMI kuningan ( Drs. H. Ugin Lugina, M.Pd ) dan Sekretaris DMI kuningan ( Rastum ) serta panitia pelaksana penilaian masjid sehat dan berprestasi di pendopo kabupaten Kuningan tanggal 5/8/2020. 

Dalam sambutannya Bupati Kuningan menghimbau kepada para ketua DKM se kab. Kuningan untuk kompak bersama -sama meningkatkan tata kelola masjid sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan oleh DMI karena dengan tata kelola yang baik maka akan berdampak pada keberhasilan dalam usaha meningkatkan kemakmuran masjid.

Baca juga: Profil Pemenang Lomba Masjid Tahun 2019

DKM Masjid Baitul Ma'mur Pejaten Santuni Warga Desa Sampora

Beliau juga mengapresiasi kiprah DMI yang telah turut mendukung mewujudkan visi kuningan Makmur, Agamis dan Pinunjul berbasis desa tahun 2023 dan beliau pun sangat mendukung kegiatan Penilaian Masjid Sehat dan Berprestasi terbukti dengan memberikan dukungan baik moril maupun materil. Program PMSB sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada umat islam . harapan beliau semoga dengan PMSB dapat menghasilkan masjid – masjid unggulan dalam meningkatkan kemakmuran masjid. 

Di akhir sambutan beliau mengajak semua pihak mendukung kegiatan ini. Hidup ...... Jamaah masjid Hidup ...... DMI kuningan Hidup ...... Pemda kuningan Mari kita bersama wujudkan kuningan makmur, agamis dan pinunjul...... !!!!! (humas Dmi Kuningan/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Memakmurkan Masjid Ala DMI Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan