728x90 AdSpace

Update
1 November 2020

Pemuda Taraju Ini Menjadi Pemuda Berprestasi Kabupaten Kuningan

suarakuningan.com - Tampilannya di acara “Malam Anugerah Pemuda Berprestasi dalam Memperingati Sumpah Pemuda ke-92 Kabupaten Kuningan” cukup sederhana. Kemeja batik abstrak dengan warna dominan hijau dan iket khas pegagan kraman menjadi busana yang ia kenakan. Meski tidak berbicara, apa yang ia kenakan memperlihatkan bahwa ia memang seorang pemuda yang sangat peduli pada budaya.

Pemuda yang berusia 31 tahun yang peduli dengan budaya itu bernama Taruna, putra Bapak Udin Sahrudin dan Ibu Dasriah dari Taraju. Sejak usianya masih belia, ia sudah tertarik dengan seni dan akhirnya kini menjadi sosok yang peduli terhadap kegiatan pelestarian budaya, khususnya budaya bilah yang ada di tempat asalnya, Desa Taraju.

Berita Terkait:

Pemkab Kuningan Anugrahi Penghargaan Pemuda Berprestasi

Dengan tangan terampilnya, Taruna membuat ukiran yang khas pada pelbagai macam media kayu yang kemudian dijadikan sebagai sarung bagi bilah-bilah yang diciptakan oleh para pandai besi yang ada di desanya. Bahkan banyak pula bilah luar (daerah) yang diserahkan kepadanya untuk kemudian dibuatkan warangka-nya.

Di samping menjadi seorang  maranggi yang menekuni kerajinan sarung dan gagang bilah, Taruna juga acapkali mengkreasikan ukiran-ukiran yang dipahaminya pada handle bilah. Yang luar biasa, gagang berukir hasil karyanya itu tidak hanya diminati oleh para pencinta seni budaya tanah air saja, namun juga hingga mancanegara, seperti Negara Amerika.

Sepak terjangnya yang luar biasa itu kemudian diapresiasi oleh Dinas Pemuda, Olah Raga Dan Pariwisata Kabupaten Kuningan dengan menganugerahinya sebagai salah satu Pemuda Berprestasi Kuningan tahun 2020. Ia berdiri satu panggung dengan para pemuda berprestasi lainnya yang bergerak dalam berbagai macam bidang, mulai dari bidang budaya sampai bidang teknologi.

“Saya hanya ingin menghaturkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya atas apresiasi ini. Penghargaan ini bukan hanya milik saya semata, namun juga milik para pengrajin di Taraju yang tetap kokoh jiwa dan raganya untuk melestarikan budaya. Semoga saja apresiasi ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk tetap membuat kerajinan bilah di Taraju semakin lestari,” harap Taruna pasca menerima penghargaan yang diberikan kepadanya.

Anugerah Pemuda Berprestasi sendiri adalah ajang yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda, Olah Raga Dan Pariwisata Kabupaten Kuningan. Selain untuk memberi penghargaan kepada para generasi muda untuk karya-karya yang diciptakannya, acara itu juga menjadi media bagi pemerintah untuk bisa mengenali bakat dan potensi dari para pemuda yang merupakan para calon pemimpin Kuningan ke depannya. 

Semoga saja acara ini bukan acara satu masa jabatan saja, namun terus bergulir pada tahun-tahun berikutnya.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Pemuda Taraju Ini Menjadi Pemuda Berprestasi Kabupaten Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan