Hot News
7 April 2021

Terapkan Harmonisasi Nilai-Nilai Kebhinekaan Polres Kuningan Gelar FGD


suarakuningan.com – Dalam rangka menerapkan harmonisasi nilai-nilai kebhinekaan dan keberagaman sosial budaya, Polres Kuningan mengadakan kegiatan kelompok diskusi terarah atau yang dikenal sebagai Focus Group Discussion (FGD), Rabu (7/4).


Kegiatan dilaksanakan di Hotel Ayong, Cilimus, Kuningan, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap seluruh peserta yang hadir. Bertindak sebagai narasumber adalah Dr H.M. Nurdin, S.Ag., M.Pd.I Kasie PD Pondok Pesantren Kementrian Agama Kab Kuningan, serta KH. Achidin Noor, MA Ketua FKUB Kab Kuningan. Sedangkan yang bertindak sebagai moderator KH. Dadang Sunandar, S.Pd. dan Aipda M. Khafid, M.Pd.


FGD yang mengusung tema “Harmonisasi Nilai-nilai Kebhinekaan dan Keberagamaan Sosial Budaya Sebagai Perekat Bangsa” tersebut diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari para tokoh agama, alim ulama di wilayah Kab Kuningan serta Dai Kamtibmas Kab Kuningan.


Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari pelaksanakan FGD adalah agar para peserta dapat memecahkan suatu permasalahan melalui diskusi untuk selanjutnya permasalahan tersebut diselesaikan secara bersama-sama sehingga diperoleh suatu kesepakatan,”jelas Kapolres.


Lebih jauh Kapolres menambahkan bahwa harmonisasi nilai-nilai kebhinekaan dan keberagamaan sosial budaya perlu ditanamkan dan diterapkan dalam masyarakat, terlebih wilayah Kab Kuningan merupakan wilayah yang plural dan majemuk karena terdapat berbagai suku, agama dan kepercayaan. Dalam suatu masyarakat majemuk, maka perbedaan merupakan sebuah keniscayaan yang harus disikapi dan diterima dengan lapang dada oleh semua masyarakat. Namun demikian hendaknya perbedaan yang ada dapat dijadikan sebagai bahan untuk harmonisasi kehidupan masyarakat.


Pada akhir sambutannya Kapolres berharap agar para peserta FGD mampu mengimplementasikan kesepakatan dari hasil dari FGD ini sehingga harmonisasi nilai-nilai kebhinekaan dan keberagamaan sosial budaya di wilayah kab Kuningan dapat terjaga dan situasi Kamtibmas di wilayah hukum tetap kondusif.


Usai narasumber menyampaikan materinya, acara dilanjutkan dengan diskusi dan sessi tanya jawab dengan para peserta yang selanjutnya setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta tersebut akan langsung dijawab oleh narasumber.(humas polres)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Terapkan Harmonisasi Nilai-Nilai Kebhinekaan Polres Kuningan Gelar FGD Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan