728x90 AdSpace

Update
11 Mei 2021

Hapalan Juz Amma Karang Taruna Mekar jaya Desa Bangunjaya Jadi Agenda Rutin

suarakuningan.com – Masa new normal masih menjadikan generasi muda usia sekolah belajar secara daring. Seusai jam pelajaran, para remaja dan anak-anak mengerjakan tugas melalui HP. Pola ini di satu sisi menimbulkan keprihatinan bagi Karang Taruna Mekar jaya Desa Bangunjaya.

Wujud keprihatinan ini dijadikan program hafalan Juz Amma oleh divisi kerohanian Karang taruna Mekar jaya Desa Bangunjaya yang mengikut sertakan seluruh dari pemuda pemudi blok Desa Bangunjaya. 

Kegiatan ini secara rutin dilaksanan setiap sore hari (ba’da ashar) bertempat di Mushalah Al-Hikmah, mushalah al-barokah

Rezqi Rizal Hamdun ( Sekertaris Karang Taruna Mekar Jaya) sekaligus penggagas kegatan ini menyampaikan bahwa hapalan Juz Amma ialah salah satu program dari yang awalnya dari keprihatinan, anak-anak yang seharusnya mengaji pada jam tertentu missalnya pada ba’da magrib akan tetapi sekarang kebanyakannya nongkrong serta main HP.

Rezqi menambahkan “metode yang dipakai pada program ini ialah metode menyetorkan hapalan kepada tutor/ Ustadz yang telah ditentukan sebelumnya, serta mengulang hapalan dengan teman (tasmi) dan memperbaiki bacaan (tahsin) yang diterapkan ketika menghapal zuj Amma. Adapun waktu kegiatan 1 minggu itu 2 kali pertemuan, pertama pembelajaran & murojaah Hapalan, hari selanjutnya ke-2 penyetoran hapalan kepada tutor/ Ustadz yang sudah ditentukan.”

Menurutnya kegiatan yang direncanakan selesai dalam dua bulan ini diawali mengisi bulan suci ramadhan, dilatarbelakangi  keprihatinan dengan adanya wabah covid-19 banyak anak-anak sering menyalahgunakan HP. 

“yang tadinya di peruntukan kepada pembelajaran daring di sekolah al hasil pada kenyataannya terjadi banyak anak-anak yang keseringan memainkan game Online, serta kedepannya  dengan situasi ini harus bisa bangkit dan semangat dalam hal apapun bukan malah sebaliknya yaitu bermalas-malasan,”ujarnya.

 Harapan nya dengan kegiatan seperti ini  mampu meningkatkan ke-agamisan bagi pemuda-pemudi blok desa bangunjaya Khususnya seperti mencontoh dengan VISI Kabupaten Kuningan sendiri Kuningan MAJU (makmur, Agamis, pinunjul) serta ulah paremen obor cek kolot baheula mah (cek sunda),” paparnya.(humas katar Mekar Jaya/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Hapalan Juz Amma Karang Taruna Mekar jaya Desa Bangunjaya Jadi Agenda Rutin Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan