728x90 AdSpace

Update
15 Mei 2021

Program Baru, Karang Taruna Desa Ciwaru Adakan Diskusi Politik Rutin

suarakuningan.com - Karang Taruna Munding Sirang Desa Ciwaru kembali mengeluarkan program kerja terbarunya. Kali ini organisasi kepemudaan itu menciptakan program diskusi politik rutinan setiap hari Rabu dan Sabtu. Kegiatan tersebut dibuka pada hari Sabtu (15/5) di kediaman salah satu anggota Karang Taruna Desa Ciwaru. Kegiatan itu dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Sebelumnya, Karang Taruna Munding Sirang Desa Ciwaru memiliki program kerja Ngore (Ngobrol Sore-sore), namun tema diskusi dalam kegiatan tersebut masih bersifat global. Seiring berjalannya waktu, Ketua Umum Karang Taruna Desa Ciwaru pun memodifikasi kegiatan tersebut dengan mengerucutkan tema bahasan menjadi diskusi politik.

Ketua Karang Taruna Desa Ciwaru, Arbi Hidayatullah bersama jajaran anggota kepengurusannya meyakini bahwa di era milenial seperti sekarang ini, politik menjadi sesuatu hal yang sangat penting untuk difahami bersama, tak terkecuali pemuda-pemudi desa.

“Pemuda-pemuda desa jangan mau mengalami ketertinggalan mengenai pemahaman politik. Bagaimana bisa kita membangun bangsa, kalau pemahaman politiknya pun minim. Sejauh ini, masyarakat desa khususnya generasi muda malah menganggap politik ini sesuatu hal yang rumit bahkan menakutkan, sehingga generasi muda kita kurang melek akan politik. Tak jarang juga ditemui masyarakat yang bicara lantang mengenai politik tapi pemahaman politiknya masih kurang, sehingga miskomunikasi kian terjadi bahkan sampai mengarah ke arah provokatif.” Tutur Pemuda yang akrab disapa Arbi.

Kegiatan diskusi politik tersebut  memiliki tema tersendiri pada setiap pertemuannya. Bahkan Departemen SDM dan Pendidikan Karang Taruna Desa Ciwaru yang bertanggung jawab akan pelaksanaan kegiatan tersebut sudah merancang tema-tema bahasan pada setiap pertemuannya.

“Kita sudah buat semi kurikulumnya kegiatan ini, seperti tema-tema bahasan pada setiap pertemuannya. Pemantik dari Narasumbernya siapa, dan pencapaiannya untuk peserta bagaimana.” Ujar Ilham sebagai ketua pelaksana.

Kegiatan diskusi politik ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi generasi muda di lingkungan Desa Ciwaru yang ingin lebih jauh mengenal politik. Lebih jauhnya lagi, jajaran kepengurusan Karang Taruna Munding Sirang Desa Ciwaru mengharapkan pemuda-pemudi Desa Ciwaru banyak yang mampu menjadi garda terdepan dalam kontestasi politik di Desanya bahkan negaranya. Mengingat peran pemuda sangat penting terhadap segala bentuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat  di negaranya.

Meski mampu mengadakan kegiatan diskusi politik, namun Arbi Hidayatullah sendiri selaku Ketua Karang Taruna Desa Ciwaru  menyangkal bahwa organisasinya memiliki kerja sama dengan partai politik mana pun, dengan tokoh atau figur politik siapa pun, apalagi jika  harus terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Kami hanya ingin saling mencari dan berbagi ilmu pengetahuan serta wawasan mengenai politik, yang kami dapatkan dari diskusi itu sendiri.” Ucap Pemuda berumur dua puluh empat tahun tersebut.

Meski baru pertama kali diadakan, namun antusias peserta sendiri sudah cukup bagus. Dimana peserta diskusi tidak hanya berasal dari anggota kepengurusan Karang Taruna saja, namun ada juga dari pemuda lain di luar anggota kepengurusan.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Program Baru, Karang Taruna Desa Ciwaru Adakan Diskusi Politik Rutin Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan