Hot News
20 November 2021

Koramil 1501/Kuningan Bantu Warga Ancaran Rehab Makam Keramat Buyut Gunung


suarakuningan.com - Setahun lebih, Babinsa Ancaran Pelda Edi Rosadi bersama warga Desa Ancaran Kecamatan Kuningan merenovasi puluhan makam bersejarah. 

Dan catatan-catatan sejarah yang muncul di Desa Ancaran, makam-makam tersebut tidak hanya bernilai sejarah bagi warga Desa Ancaran saja melainkan banyak makam yang ditelusuri bernilai sejarah bagi Kabupaten Kuningan.


Beberapa makam keramat yang pernah dibangun dan kondisinya rusak parah, cukup menyita tenaga. Namun Babinsa dan warga desa yang didorong oleh paa donatur serta perangkat desa tetap bersemangat merawat jejak peninggalan leluhur.

"Yang pasti, kita ada hari ini, karena ada orangtua yang melahirkan kita, ada leluhur kita yang menjaga ajaran agama dan budaya sehingga bisa kita jalankan hari ini. Negara Indonesia, Kabupaten Kuningan, Desa Ancaran tetap ada tidak dikuasai oleh penjajah karena berkat perjuangan leluhur kita. Ya, masa sih sekedar menjaga makam dan peninggalan beliau saja kita ngga mau," ujar Babinsa Edi Rosadi.

Edi juga pernah memaparkan rencana umum kawasan pemakaman tua Desa Ancaran menjadi Wisata Ziarah kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama beberapa pekan lalu.

Dan saat ini, salah satu makam tua yang cukup berat direnovasi adalah Makam Buyut Gunung, sehingga Babinsa dan warga meminta bantuan kepada anggota Koramil 1501/Kuningan untuk membantu pembongkaran bangunan lama.

Baca juga:

Renovasi Makam Kuwu Pertama Desa Ancaran Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Warga Desa dan Babinsa Ancaran “Nyaungan” Makam Kuwu Mare

Anggota Koramil Kuningan Renovasi Makam Bersejarah Desa Ancaran

Moh. Satari salah satu keturunan Kiai Hada Ancaran mengungkapkan rasa terimakasih dengan prakarsa Banbinsa setahun lalu untuk merawat pemakaman leluhur Desa Ancaran.

Dirinya merasa bersyukur, karena dengan akan terbukanya jalan lingkar timur persis di depan Desa Ancaran, tentu arus keramaian akan mengarah ke Desa Ancaran. Semoga ke depan, Desa Ancaran bisa diwujudkan menjadi Desa Tradisi Ziarah.(red)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Koramil 1501/Kuningan Bantu Warga Ancaran Rehab Makam Keramat Buyut Gunung Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan