Hot News
2 Desember 2021

BLM FE UNIKU Ikuti Training Legislatif Se-Jawa Barat di UIN Sunan Gunung Djati Bandung


suarakuningan.com - Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Training Legislatif I di Hotel Meize City (Rabu, 01/12/2021).. Kegiatan kelegislaslatifan kampus ini didukung oleh Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI). 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kedua yang di adakan di Jawa Barat sebagai langkah awal dalam meningkatkan mentalitas organisasi kemahasiswaan. Training Legislatif I mengambil tema “Akumulasi Pengetahuan Demi Terwujudnya Legislator Muda Yang Berkarakter”. 

Kegiatan ini dihadiri sekitar 120 peserta yang berasal dari perwakilan 66 kampus di Jawa Barat salah satu nya Universitas Kuningan yang diwakili oleh Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.


Training Legislatif ini bertujuan memberikan informasi dan implementasi kepada mahasiswa mengenai peran dan fungsi lembaga legislatif kampus, memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai sistematika dalam melakukan kegiatan persidangan, memberikan gambaran tentang peran dan sistem kerja Lembaga Legislatif di pemerintahan, serta meningkatkan kapabilitas mahasiswa dalam bidang legislatif demi terwujudnya Student State yang ideal secara global.

Legislator yang berkarakter, berintegritas, bermoral, berdisiplin tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsi dengan kesadaran penuh. Bahwa kehadirannya dalam panggung politik adalah merupakan mandat dari konstitusinya, sehingga mereka bias menjadi kepanjangan tangan bagi mahasiswa untuk menyerap dan menerima aspirasi dari grass root mahasiswa sebagai bagian dari sistem demokrasi yang baik dan beradab.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari 1-2 Desember 2021 dengan dibuka langsung  oleh Wakil Rektor III UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Ah, Fathoni, M.Ag.. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih dan mengimplementasikan  Lembaga legislatif mahasiswa untuk peka dan kritis terhadap lingkungan sekitar.

“Para mahasiswa nanti bias menjadi seorang legislatif yang berpihakkan kepada rakyat dalam membangun negeri. Training ini paling tidak dapat membuat para mahasiswa terhadap permasalahan di lingkungan sekitar “ ujar Fathoni, Rabu (01/12/2021)

Kegiatan hari pertama diisi oleh Dr. H. Edwin Sanjaya, S.E., M.M. yang menyampaikan materi tentang Pembentukan Karakter Legislator Muda. Selanjutnya materi diisi oleh Ir. Sunandar Rukhiadi, S.H. yang menyampaikan materi tentang Kesadaran Berkonstitusi untuk Mewujudkan Kompetensi Organisasi. Kemudian materi terkahir disampaikan oleh Febi Ruwandi, S.Pd. yang menyampaikan materi tentang Pembangunan Hukum Nasiona : Perdebatan Legal Juctice dan Social Juctice. 

Kemudian pada hari kedua diisi oleh Dr. Tatang Astarudin, S.Ag., S.H., M.S.i yang menyampaikan materi Teknik Pembuatan Peraturan Perundang-Undangan (Legal Drafting). Selanjutnya diisi oleh Dr. Utang Rosidin, SH., MH. yang menyampaikan materi Pengujian Peraturan Perundan-Undangan : (FGD) Perda dengan Undang-Undang yang lainnya. Kemudian yang terakhir diisi oleh Chepy Aprianto, M.I. Kom. Yang menyampaikan materi tentang Manfaat Teknologi dalam Penegakan Regulasi.

Harapan kami setelah mengikuti kegiatan ini dapat memahami peran dan fungsi Lembaga legislatif sehingga setiap Lembaga legislative kampus dapat berdaulat dalam menjalan tugas, peran, dan fungsinya sebagai Lembaga legislatif kampus yang berintegritas ujar Yusup Maulana (Ketum BLM FE Universitas Kuningan).


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: BLM FE UNIKU Ikuti Training Legislatif Se-Jawa Barat di UIN Sunan Gunung Djati Bandung Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan