Hot News
2 Desember 2021

Optimalkan Pembangunan di Desa, Beberapa Perangkat Desa Ikuti Pelatihan Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan

Program Peningkatan Kolaborasi Pemerintah Daerah & Masyarakat Sipil untuk Melokalkan dan Mencapai SDGs (PEDULI SDGs)



suarakuningan.com – Kepala Desa dan jajarannya beserta ketua BPD dari Desa Wanasaraya, Desa Padarama dan Desa Patala beserta beberapa perwakilan OMS di Kabupaten Kuningan mengikuti pelatihan perencanaan pembangunan Desa yang dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 2-3 Desember 2021 di PEPABRI Hotel & Resort Kabupaten Kuningan.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja sama antara B_Trust Advisory Group  (B_Trust), Konfederasi Pergerakan Rakyat Indonesia (KPRI) dan Komisi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam dengan 10 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang tersebar di 10 Kabupaten di 5 Provinsi yaitu, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Berau dalam Program PEDULI SDGs (Peningkatan Kolaborasi Pemerintah Daerah untuk Melokalkan dan Meningkatkan Pencapaian SDGs). 

Salah satu  tujuan Program PEDULI SDGs adalah untuk membangun kapasitas dan kemitraan multi-pihak yang melibatkan pemerintah daerah, organisasi masyarakat sipil (OMS), community organizers di Desa, dan Pemerintah Desa untuk berkolaborasi dalam proses pembangunan di daerahnya. Program ini melibatkan 10 pemerintah kabupaten, 30 organisasi masyarakat sipil di 10 daerah dampingan, 30 Pemerintah Desa, dan 90 pendamping komunitas di 30 desa selama 3 tahun (2020-2023).

Aditiyo Sudarna, Project Officer B_trust mengatakan bahwa dalam 2 tahun terakhir, program ini telah berfokus pada peningkatan kapasitas OMS yang diarahkan sebagai bagian dari persiapan untuk berkolaborasi dengan pemerintah, terutama pemerintah Desa setempat dalam mendukung penerapan SDGs di Kabupaten Kuningan. 

Kolaborasi dalam mendukung dan menerapkan SDGs tersebut diwujudkan melalui pelaksanaan rencana kerja innovasi berskala kecil di Desa setempat yang di gagas oleh OMS dan didukung oleh Program ini. ”Setelah peningkatan kapasitas OMS, maka yang penting selanjutnya adalah pelatihan Pemerintah Desa agar kolaborasinya nanti semakin sukses dan semakin kontributif” .

Selaras dengan itu, Ir. Usep Sumirat, Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan, dalam sambutannya mengharapkan agar pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dalam mengoptimalkan pembangunan desa sehingga berkontribusi nyata dalam mendukung pencapaian SDGs di Kabupaten Kuningan. 

"“Kedepan, saya ingin perencanaan pembangunan di Desa lebih selaras dengan prioritas pembangunan di Kabupaten, sehingga dapat semakin mensejahterakan masyarakat setempat serta mendukung pencapaian SDGs di Kabupaten Kuningan bahkan nasional”," harapnya. 

Menurutnya kunci utama kesuksesan dalam mencapai SDGs terletak pada kolaborasi. ”Keselarasan dalam perencanaan Desa dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan OMS, swasta dan pemerintah Kabupaten menjadi sangat penting sekali” tambahnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Bappeda Kabupaten Kuningan, B_Trust dan Kepala Desa Kertayasa serta dihadiri oleh berbagai unsur yaitu  Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Ketua BPD dari Desa Wanasaraya, Desa Padarama dan Desa Patala. Turut serta dalam pelatihan ini adalah beberapa perwakilan dari 3 OMS yaitu Forum Kuningan Institute, K2B dan AKAR Kuningan.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Optimalkan Pembangunan di Desa, Beberapa Perangkat Desa Ikuti Pelatihan Perencanaan Pembangunan Berkelanjutan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan