Hot News
31 Januari 2022

Calon Ratu Penguasa Rimba TN Gunung Ciremai Sudah Datang

sumber: doc TNGC

suarakuningan.com - Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (Balai TNGC) bersama PPS Cikananga dan Kebun Binatang Gembiraloka menyambut kedatangan Si Cantik Rasi, Macan Tutul Betina yang dinobatkan menjadi Ratu Penguasa Rimba hutan TNGC. 

Rasi diserahkan oleh masyarakat Kampung Bunisari, Desa Cikondang, Kec Cisompet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat kepada BBKSDA Jawa Barat dan kemudian langsung direhabilitasi di PPS Cikananga pada tanggal 2 Juli 2019. Rasi ditemukan di perbatasan hutan dengan pemukiman dengan usia perkiraan 3-6 bulan dan sekarang Rasi telah berusia 2,6 tahun tahun dengan berat 50 kg.

Selain untuk bersanding dengan Slamet Ramadhan, Rasi ditujukan untuk memancing Slamet Ramadhan untuk membuka GPS Colar yang telah dipasang pada saat dilepasliarkan.

Teguh Setiawan, Kepala Balai TNGC menyampaikan persiapan yang sudah dilakukan sebelum kedatangan Rasi. “Pada Bulan November 2021, diskusi dengan para pihak telah dilakukan yaitu LPPN Universitas Kuningan, Peduli Karnivora Jawa dan Sintas Indonesia kemudian pada tanggal 7 Desember 2021 telah dilakukan sosialisasi kepada Pemerintah Daerah yang dihadiri langsung oleh Bupati Kuningan dan Muspika terkait khususnya yang berbatasan dengan Blok Bintangot,” Jelasnya. 

Kemudian ditambahkan oleh Robi Gumilang selaku koordinator spesies Macan tutul, “kandang habituasi juga telah selesai terbuat dari rangka baja yang disusun dan disesuaikan untuk keamanan dan keselamatan Macan Tutul Jawa, dengan luas permukaan totalnya adalah 66 m2, tinggi 4-6 meter dari permukaan tanah dengan volume totalnya adalah 204 m3. Kandang tersebut dilengkapi total tujuh pintu untuk dapat dioperasikan sebagai pintu jebakan, pintu keluar, dan pintu pemberian pakan”.

Kandang habituasi ini akan dihuni oleh Rasi dan akan dipantau penuh oleh tim. Tepat 3 hari sebelumnya, Tim telah melakukan pemasangan CCTV sebagai media untuk mengawasi pergerakan Rasi selama di kandang Habituasi. 

Vanda, Manager Kebun Binatang Gembira Loka menyebutkan pemasangan CCTV ini sudah didesain aman untuk memantau aktivitas Rasi. “CCTV yang akan dipasang berjumlah tiga, yang satu di kandang pemberian makan dan yang duanya berada diatas kandang habituasi, CCTV yang dipakai aman dari hujan dan jangkauan Rasi, ” jelasnya.

Kedatangan Rasi pagi ini (31/01) didampingi oleh Tim PPS Cikananga yaitu drh Bilar, Inga dan Cahyono. Tiba di kantor Balai TN Gunung Ciremai pukul 04.30 WIB dengan kondisi yang sehat dan baik. Perjalanan panjang dari PPS Cikananga sepertinya tidak membuat Rasi stress dengan menunjukkan tingkah laku yang agresif, namun terlihat tenang. 

Drh Bilar menyebutkan bahwa Rasi telah divaksin rabies pada tahun 2021. Pukul 07.00 WIB, Tim bergerak menuju kandang habituasi dan dikawal langsung oleh Kasat Polisi Kehutanan TNGC, Oman Dede Permana dan Tim Macan Tutul Balai TNGC. Tiba di lokasi, dengan ketinggian 915 mdpl dan kondisi cuaca yang cukup hangat memberikan kenyamanan kepada Rasi untuk berpindah tempat. Pengkondisian kandang habituasi dilakukan dan Rasi masuk ke kandang habituasi pukul 10.00 WIB.

Nah Sobat Ciremai, kita tunggu perkembangan selanjutnya ya, apakah keberadaan Rasi di kandang habituasi akan mengundang Slamet Ramadhan untuk keluar?atau Slamet Ramadhan yang menunggu Rasi di kawasan TNGC?

Ayo jaga dan lestarikan keberadaan satwa liar Indonesia. (Press Rilis/BTNGC/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Calon Ratu Penguasa Rimba TN Gunung Ciremai Sudah Datang Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan