Hot News
31 Maret 2022

Ratusan Warga Kertayasa Berbahagia Sambut Bulan Ramadhan dengan Tradisi Tilawat

 


suarakuningan.com - Ratusan warga Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan menyambut kedatangan bulan suci ramadhan dengan kegiatan "tilawat" yang sudah menjadi tradisi setiap tahun.

Masyarakat berkumpul di halaman pemakaman sejak pukul 06.00 wib dengan membawa berkat atau shodaqoh per Kepala Keluarga (KK) tiga buah, untuk di shodaqohkan kepada jamaah tilawat, Kamis, 31/3/22.

"Istilah tilawat sendiri sebetulnya kata dasar dari kepanjangan tilawatil qur an, acara diisi dengan tausiah, khataman al qur an dan tahlil, mendoakan untuk yang telah meninggal," kata Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin.



Tradisi tahunan setiap menjelang ramadhan ini selain diisi dengan kegiatan tilawat di tiga tempat, juga kegiatan ziarah ke makam para dangiang desa dan acara ratib desa, dimana para pemuka agama dan pemerintahan desa mengelilingi batas desa sambil berzikir.

"Saya bersyukur tradisi bernuansa islami ini masih terus terjaga kelestariannya, terima kasih kepada para kiyai, para ustadj dan MUI Desa secara kelembagaan yang terus mengawal keberlangsungan tradisi ini dengan baik," katanya.

Sesepuh Desa Kertayasa, yang juga Ketua MUI Kecamatan Sindangagung menyatakan, keberlangsungan tradisi baik ini sebagai bentuk suka cita ummat islam menjelang kedatangan bulan suci ramadhan.

"Semoga kita semua diberi kesehatan, dapat menjalankan ibadah ramadhan sampai akhir iedul fitri dan mendapat predikat Taqwa," pungkasnya.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Ratusan Warga Kertayasa Berbahagia Sambut Bulan Ramadhan dengan Tradisi Tilawat Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan