Hot News
21 Mei 2022

BEM Fakultas Ilmu Komputer UNIKU Gelar Diskusi Manajemen Organisasi



suarakuningan.com - Bangun keakraban untuk penguatan  organisasi, Badan Eksekutf Mahasiswa (BEM) Ilmu Fakultas Komputer UNIKU gelar  diskusi  Manajemen Organisasi pada acara Malam Keakraban (Makrab) Internal BEM.  Diskusi tersebut  menghadirkan Nana Suhendra, M.Pd Kasi/Subkoor Kemitraan dan Kelembagaan Komunikasi  Media,  Dinas Komunikasi dan Informatika (Dikominfo) Kabupaten Kuningan, bertempat di Talaga Surian, Sabtu  (21/5/2022). Acara diikuti sekitar 40 mahasiswa.

Nana Suhendra, mengawali diskusi dengan mengajak mahasiswa untuk merenungkan  terlebih dahulu, bahwa begitu banyak keunikan dan keindahan anugrah alam yang Allah Ciptakan. Mari kita lihat  dan dengarkan dengan hati, renungkanlah hikmah setiap ciptaan-Nya.

Bicara organisasi itu seperti sebatang pohon. Nana menjelaskan, jika kita berada dalam struktur organisasi, kerjakanlah posisimu sebaik mungkin. Jika posisi sebagai batang, maka jadilah batang yang kokoh untuk menopang pohon. Posisi sebagai cabang, maka jadilah cabang yang mampu menggandeng setiap ranting dan daun. Posisi sebagai daun, maka jadilah daun yang rimbun supaya pohon bermanfaat untuk menaungi orang dari kepanasan.

”Posisi sebagai bunga, maka jadilah bunga yang merekah indah supaya pohon terhiasi dan dikenal orang. Posisi sebagai buah, maka jadilah buah yang manis supaya nama baik pohonmu tetap terjaga. Posisi sebagai akar, walaupun tidak terlihat tetaplah mencekam ke tanah demi tegaknya seluruh struktur pohon,”ungkapnya

Nana menerangkan, organisasi merupakan  sebuah wadah untuk sekumpulan orang atau kelompok  yang bekerja sama secara rasional dan  sistematis, untuk  mencapai  tujuan bersama  dengan  memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Jadi dalam suatu organisasi tak lepas adanya  yang mengatur,  ada yang diatur, ada aturan dan ada struktur.

Untuk menggerkan organisasi dibutuhkan manajemen,  Nana memaparkan, dimana fungsi manajemen ini sebagai suatu seni atau prinsip yang berkaitan dengan pengorganisasian, seperti menyusun perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, pelaporan dan pengkoordinasian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dia juga menuturkan pentingnya berorganisasi bagi mahaiswa. Menjadi seorang mahasiswa merupakan suatu kesempatan bagi kita untuk belajar dan mengembangkan diri. Baik itu kemampuan hardskill atau Softskill. Salah satunya dengan aktif di organisasi. Adapun  manfaat berorganisasi bagi mahasiswa, diantaranya  Memperluas pergaulan, Meningkatkan wawasan/pengetahuan, membentuk pola pikir yang lebih baik.

“Selain itu  menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, Melatih leadership (kepemimpinan), Belajar mengatur waktu, Memperluas jaringan (networking), Media berlatih mempersiapkan dunia kerja, Mengasah kemampuan sosial,” ungkapnya.

Sementara, Ketua BEM Ilmu Fakultas Komputer UNIKU Ega Maulana Mulyana menyampiakan,   kegiatan Makrab diisi dengan berbagai kegiatan, salah satunya diskusi dengan pembahasan   Manajemen Organisasi. Dia berharap diskusi ini  dapat membangun  keakraban dalam berorganisasi di BEM Ilmu Fakultas Komputer UNIKU. Sehingga akan tumbuh rasa memiliki, peduli dan membentuk tim yang solid. 

“Diskusi ini juga, sebagai upaya memberikan wawasan berorganisasi, bekal ilmu dan pengetahuan, menumbuh kembangkan jiwa mahasiswa yang berintelektual, kreatif, inovatif, dan berjiwa sosial yang tinggi. Sehingga terbentuk  mahasiswa yang profesional dalam menyeimbangkan antara perkuliahan dan organisasi,” terang Ega didampingi Ketua Pelaksana Kegiatan Muhamad Hilmi Ashari.

Diskusipun berlangsung dengan penuh keakraban, karena setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan ide dan gagasan terkait dengan pengelolaan dan penguatan organisasi yang baik. (IKP/DISKOMINFO) 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: BEM Fakultas Ilmu Komputer UNIKU Gelar Diskusi Manajemen Organisasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan