Hot News
20 Mei 2022

Semua Bisa Sukses dan Berprestasi


Riki Irfan MSi (Founder Waroeng Ilmu, Dosen UNISA Kuningan)


Saya yakin kita semua tentu ingin mendapatkan kesuksesan dan meraih prestasi yang membanggakan. Untuk dapat mencapai itu, ada beberapa kebiasaan yang kami rangkumkan dari berbagai sumber untuk dilatih sehingga akan menjadi kebiasaan. 

Berikut adalah hal hal yang bisa dilakukan:

1. Rutin membaca alquran dan buku buku pengetahuan 

Membaca adalah sangat penting merupakan syarat wajib untuk menambah wawasan dan menguatkan/meluruskan suatu pemahaman.  Membaca adalah juga suatu perintah yang ada dalam alquran: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang maha pemurah, yang maha mengajar (manusia) dengan perantara kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya....”. (QS Al-alaq: 1-5).

Dalam ayat tersebut Allah memerintahkan Rosululloh Muhammad shallahu alaihi wassalam dan seluruh umat manusia untuk membaca. Membaca merupakan salah satu cara yang harus dilakukan bagi manusia agar memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan yang diharapkan dengannya ilmu itu akan mendapat petunjuk untuk menjalani kehidupan dengan baik dan dapat mengetahui cara beribadah yang benar kepada Allah sesuai petunjuk Al-quran dan as- sunnah (hadist hadist yang telah ditulis oleh ulama ahli hadist). Dengan memiliki ilmu, seseorang akan menjadi orang sukses yang mampu memanfaatkannya untuk kebaikan dan hal yang bermanfaat. Dalam setiap hari jangan lewatkan untuk membaca alquran dan cobalah membaca tafsirnya selain itu bacalah secara rutin buku pengetahuan umum untuk membuka cakrawala pengetahuan dan wawasan. Salah satu ciri dari orang berprestasi adalah memiliki wawasan yang luas dan itu diperoleh salah satunya dengan cara membaca selain belajar pada lembaga pendidikan baik secara formal atau non formal. 


2. Rajin mencari ilmu dan mengasah keterampilan

Mencari ilmu merupakan kewajiban setiap manusia. Sebagaimana sabda Rosululloh shalallahu alaihi wassalam:"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim." (HR Ibnu majah). Tanpa ilmu maka manusia akan sulit untuk dapat menjalani hidup ini dengan baik dan tidak dapat mempersiapkan hal hal yang sebelumnya belum pernah dialami oleh pengalaman sendiri. Ilmu adalah bagian dari petunjuk dan penerang dalam kehidupan seseorang. 

Dengan berlatih dan mengasah keterampilan kita akan terus memperbaiki diri dan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Melatih keterampilan dan kelebihan yang dimiliki bisa dilakukan dengan beberapa cara antara lain: mengikuti pendidikan, pelatihan, dan kursus berkaitan dengan bidang yang ingin kita kuasai. Ilmu pengetahuan dan keterampilan adalah dua hal yang selalu ada pada setiap pemuda yang sukses dan berprestasi.


3. Rajin Berolahraga

Seperti yang kita ketahui, ada istilah Mensana in corpore sano (pada tubuh yang sehat ada jiwa yang sehat). Agar kita memiliki jiwa/ pikiran yang sehat dan terbuka untuk hal hal baru dan bersemangat meraih sukses, diperlukan tubuh yang sehat tidak berpenyakit. Agar tubuh tetap bugar dan sehat, tentu berolahraga adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Hanya saja terkadang untuk melakukan olahraga secara rutin, perlu kedisiplinan diri atau niat yang kuat untuk menerapkan gaya hidup sehat, termasuk asupan makanan minuman yang sehat dan berolahraga secara teratur.  


Sebagai umat islam, terdapat tiga fungsi utama olahraga, yaitu: 1) menjaga kesehatan tubuh; 2) agar dapat menjaga diri dari kejahatan manusia; 3) menguatkan fisik pasukan muslim jika ada panggilan jihad, sebagai mana ayat alquran: "Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya." (QS al-Anfaal: 60); 3). Keberhasilan dan prestasi dapat lebih mudah dicapai jika kita sehat jasmani dan rohani.


4. Rajin beribadah dan gunakan waktu dengan baik 

Beribadah adalah kewajiban dan sekaligus merupakan tujuan utama manusia diciptakan oleh Allah. Sebagaimana firman Allah dalam al-quran: "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku," (QS-Az zariyat: 56). Ibadah itu harus ikhlas karena Allah dan sesuai tuntunan Rosululloh shalallahu alaihi wassalam, yakni sebagai bentuk penghambaan kita kepada Allah, agar Allah memberikan kita kebaikan, keselamatan dan kesuksesan dunia dan akhirat. Prosesi ibadah didalamnya juga adalah berdoa, yaitu pengakuan bahwa kita lemah dan meminta pertolongan Allah dalam setiap tindakan dan permohonan kesukseskan: “Maka bermohonlah kepada Ku”. (QS Al Baqarah: 186). 

Memanage waktu adalah salah satu kunci kesuksesan dan mudah meraih prestasi. Karena tanpa memanage waktu untuk hanya mengerjakan kebaikan, kita semua adalah merugi. Sebagaimana dalam alquran: Demi masa (waktu), sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman,Beramal saleh (mengerjakan kebajikan), Saling berwasiat dengan kebenaran, Dan saling berwasiat dengan kesabaran. (QS Al-ashr : 1-3). Dalam ayat tersebut, kunci keberuntungan kesuksesan adalah beriman, beramal sholeh, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Jadi mengisi waktu dengan hal hal tersebut adalah syarat untuk mencapai prestasi dan kesuksesan baik di dunia maupun akhirat.


5. Melatih kepedulian terhadap sesama manusia

Sebagai manusia, kita perlu menjalin hubungan baik dengan sesame, firman Allah dalam alquran: “Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia.”.(QS. Ali Imran: 112). Kita diperintahkan untuk tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan: ”Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat." (QS. Al-Maidah:2). 

Melatih kepedulian bisa dengan cara berpuasa, bersedekah, membantu yang terkena musibah dan lainnya: “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat...” (HR Muslim, HR Ahmad, HR Abu Dawud). 

Dengan membantu sesama manusia dengan niat tulus ikhlas, maka Allah akan memberikan bantuannya kepada kita, dan sebaik baik bantuan adalah yang datang dari Allah, sedangkan bantuan manusia lain terhadap kita hanya akan terjadi apabila Allah mengizinkan hal itu terjadi. 

Salah satu prestasi tinggi di dunia adalah apabila bisa mendapatkan perhatian dan pengakuan dari orang orang yang ada disekitar kita akan kepedulian kita baik terhadap lingkungan alam, manusia ataupun pengetahuan yang akan bermanfaat bagi lingkungan alam dan manusia lainnya.   

Demikian tulisan ini dibuat agar bisa menyemangati kita semua untuk bisa meraih sukses dan memiliki prestasi yang membanggakan, baik itu untuk kebaikan dunia maupun akhirat. Kesuksesan hakiki seorang muslim adalah manakala dia bisa memperoleh keridhoan Allah, dimasukkan ke dalam Surga dan diselamatkan dari siksa Neraka. Semoga Allah memberikan kita hidayah untuk menjadi golongan yang beriman bertakwa dan senantiasa beramal shaleh agar memperoleh Ridho-Nya. Aamiin.***


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Semua Bisa Sukses dan Berprestasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan