Hot News
3 September 2022

Rektor Uniku:: Para Wisudawan Senatiasa "Belajar Sepanjang Hayat" dan Berikan Sumbangsih Bagi Negeri



suarakuningan.com - Menjelang perayaan Hari Jadi Kuningan yang ke 524, Universitas Kuningan (Uniku) yang merupakan kampus pertama di Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan wisuda ke 27. Wisuda yang diikuti 825 wisudawan dan wisudawati, dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat kampus I, Rabu (31/8/2022).


Turut hadir Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH., MH., Perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) bersama jajarannya, Ketua bersama Anggota Dewan Pertimbangan Uniku, Perguruan Tinggi di wilayah Ciayumajakuning, Pimpinan Bank Mitra, orang tua, wisudawan dan wisudawati serta tamu undangan lainnya.


Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, Wisuda hari ini terasa lebih bermakna, setelah kurang lebih 2 tahun wisuda dilakukan secara terbatas tanpa dihadiri kedua orang tua maupun kerabat karena Pandemi Covid 19, pada wisuda kali ini Alhamdulillah kita bisa melaksanakan upacara wisuda seperti biasanya, walaupun kita harus tetap menjaga protokol kesehatan.


“Pelaksanaan wisuda seperti biasanya ini, diharapkan dapat memberikan suasana hidmat dan kesan yang mendalam bagi seluruh wisudawan. Kami memaklumi sepenuhnya bahwa prosesi wisuda secara luring bagi sebagian besar putra-putri kita yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya merupakan acara yang sangat dinantikan dan diharapkan sebagai salah satu kenangan terindah masa studi di almamater kampus UNIKU tercinta,” ujarnya.


Dikatakannya, kepada seluruh wisudawan, saya ucapkan selamat atas keberhasilan Saudara menyelesaikan studi di Universitas Kuningan, almamater tercinta. Izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para orang tua Saudara yang telah memercayakan putra-putrinya kepada kami guna menempuh pendidikan di UNIKU.


“Saya berharap Saudara dapat terus berkarya, mengisi kehidupan Saudara dengan ‘belajar sepanjang hayat’, belajar menyikapi masalah dengan berpikir ‘out of the box’, senantiasa meningkatkan semangat kepemimpinan serta memperkuat solidaritas, dengan adab yang baik, demi memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara Indonesia,” katanya.


Diterangkannya, Uniku di tahun 2022 terus diberikan kepercayaan dengan banyaknya raihan prestasi yang ditorehkan oleh Uniku maupun mahasiswa dan mahasiswinya.


“Alhamdulillah, banyak raihan prestasi yang cukup membanggakan diraih oleh Uniku maupun mahasiswa dan mahasiswinya. Ini menjadi tanda jika mahasiswa dan mahasiswi Uniku memiliki daya saing dan kualitas,” terangnya.


Selain itu, untuk menghadapi berbagai macam tantangan seperti Revolusi Industri 4.0, kemudian regulasi Pemerintah terkait Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi serta Program Merdeka Belajar-Kampus merdeka, maka kata kuncinya adalah KOLABORASI.


“Untuk itu UNIKU terus membuka jejaring kerjasama dengan berbagai pihak sehingga mampu melakukan akselerasi capaian yang ditargetkan,” ucapnya.


Lebih jauh, sambung mantan Wakil Rektor III dua periode, menambahkan, sebagai implementasi dari program Institutional Support System, UNIKU telah menerapkan link & Match dengan bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri.


“Dengan ditandai penandatangan MoU dengan 25 Perusahaan yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2022 yang lalu,” tambahnya.


Dikdik sapaan akrabnya, menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Kuningan atas segala kerja keras dan pengabdiannya sehingga dapat menghantarkan para mahasiswa dalam menyelesaikan studinya.


“Kami juga menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pimpinan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan yang senantiasa membimbing dan mendukung program-program yang kami laksanakan,” ujarnya.


Kemudian, kepada Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah IV, kami juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala pembinaan, arahan, dorongan dan bantuannya kepada kami.


“Kepada Bapak Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kuningan kami menghaturkan terima kasih atas segala perhatian, dukungan dan bantuan yang diberikan kepada Uniku,” ujarnya lagi.


Diakhir keterangannya, Dikdik juga menyampaikan, ucapan terimakasih dan apresiasi penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Bapak Andi Gani Nenawea, SH selaku Presiden Komisaris BUMN PT. PP (Persero) Tbk, yang memiliki kepedulian dengan merekrut wisudawan terbaik setiap tahunnya untuk masuk di lingkungan PT. PP (Persero).


“Serta bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, namun memiliki keterbatasan ekonomi. Sekali lagi saya sampaikan, terimakasih kepada Bapak Andi Gani Nena Wea atas segala perhatian dan kepeduliannya kepada kampus Uniku,” pungkas Dikdik.


Dalam kesempatan tersebut, Uniku memberikan penghargaan kepada salah satu wisudawan dan wisudawati terbaik atas nama Reka Nurul Astriani dari program studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sekaligus direkrut untuk bekerja di salah satu perusahaan besar Ajaib Group yang merupakan perusahaan Star Up Investasi terbesar di Asia Tenggara, yang Presiden Komisarisnya pituin asli Kabupaten Kuningan yaitu Bapak Andi Gani Nena Wea, SH. (Sep)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Rektor Uniku:: Para Wisudawan Senatiasa "Belajar Sepanjang Hayat" dan Berikan Sumbangsih Bagi Negeri Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan