Hot News
16 Februari 2023

Musyawarah Daerah VII LDII Kabupaten Kuningan Dibuka Bupati



suarakuningan.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten  Kuningan melaksanakan Musyawarah Daerah VII bertempat di Gedung Sanggariang, Kamis (16/2/2023).

Pembukaan Musda VII LDII Kabupaten Kuningan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama dengan mengusung tema “Dengan Sumberdaya Profesional Religius, Lembaga Dakwah Islam Indonesia Siap Mendukung Pembangunan di Kabupaten Kuningan Menuju Kabupaten yang Maju, Agamis dan Pinunjul Berbasis Desa”

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPW LDII Propinsi Jawa Barat, Dandim 0615  Kuningan, Polres Kuningan, Kajari Kabupaten Kuningan,

Kakandepag Kabupaten Kuningan, Kakesbanglimas Kabupaten Kuningan, Ketua MUI kabupaten Kuningan, Ketua Ormas, Tokoh Masyarakat dan para peserta Musda VII.

Dalam sambutannya, Ketua DPD LDII  Kabupaten  Kuningan, Sutarjo, S.Pd. menyampaikan bahwa di lingkungan LDII, untuk mendorong ukhuwah islamiah, telah kami kembangkan sebuah sistem dakwah kondusif yang kami beri label dengan istilah GREEN DAKWAH. Kami sebut dengan GREEN DAKWAH karena esensinya adalah agar Dakwah Islam dilaksanakan dengan cara-cara menyejukkan, tidak menyalahkan orang lain dan pihak lain, dan bertujuan untuk membangun kebersamaan dan menguatkan ukhuwah islamiah dengan cara lembut dan sejuk. Adapun yang dimaksud dengan Green Dakwah LDII adalah dakwah yang terdiri atas 7 (tujuh) cara, yaitu:

1. Dakwah yang berpedoman kepada Al-Quran dan Al-Hadist; 2. Dakwah yang membawa kepada kesalehan sosial, bukan hanya kesalehan individu; 3. Dakwah yang disampaikan secara santun, sejuk dan tasamuh (penuh dengan rasa toleransi); 4. Dakwah yang membawa kepada kemaslahatan umat; 5. Dakwah yang berwawasan lingkungan; 6. Dakwah yang mengajak kepada pola hidup sehat dan bersih; 7. Dakwah yang dibawakan dengan kasih sayang

Surtarjo menambahkan, “Jika konsep GREEN DAKWAH ini diterapkan secara meluas dikalangan umat islam, kami yakin rasa ukhuwah islamiah akan semakin bertambah tebal. Dan inilah modal utama umat islam untuk tetap survive mampu memberikan kontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial kemasyarakatan, baik di masa kini maupun di masa mendatang.”

“Dengan Paradigma baru LDII hasil Munas VI tahun 2005 serta diterimanya klarifikasi DPP LDII tanggal 04 September 2006 oleh Komisi Fatwa MUI, warga LDII dituntut agar lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi, publikasi dan tabayyun (klarifikasi) serta membangun keterbukaan, bersama ormas lain melakukan silaturrahim guna meningkatkan ta’aruf (saling mengenal), tafahum (saling memahami), ta'awwun (saling menolong), dan takaful (saling menjamin). Apalagi sejak awal didirikannya LDII bertekad untuk menegakkan ukhuwah islamah. Semoga LDII Kabupaten Kuningan dengan kerja sama , bimbingan dan pembinaan dari semua fihak dapat terus tumbuh dan berkembang menjadi organisasi  mandiri dan mempunyai potensi yang makin diterima di masyarakat dan menjadi aset pemerintah Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Dalam bagian akhir, Sutarjo mengharapkan bahwa dengan Musda VII DPD LDII Kabupaten Kuningan ini dapat memberikan kontribusi nyata bahwa LDII sebagai ormas islam yang berbasis keagamaan bersama pemerintah daerah dan komponen masyarakat lainnya mendukung terwujdnya Visi Kabupaten Kuningan yaitu; Kuningan Makmur, Agamis, dan Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2003

Ketua DPW LDII Jawa Barat, drg. H. Dicky Abdillah Mursyid Harun, Sp.Ort menyampaikan bahwa melalui Green Dakwah, dakwah akan lebih optimal. 

“Jangan berhenti di dakwah bil lisa, tapi lebih utama melakukan implementasi melalui dakwah bil hal agar lebih terasa manfaatnya bagi sesama,” ujarnya.

Kepada DPD LDII Kuningan, Dicky berbangga hati karena kerap adanya kegiatan LDII bersama Bupati, MUI maupun komunitas lain. 

“Ini menunjukkan bahwa 3K LDII “Karya, Kontribusi dan Komunikasi” dalam DPD LDII Kabupaten Kuningan telah berjalan baik,” ungkapnya.

Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan apresiasi atas partisipasi LDII Kabupaten Kuningan dalam bagian pembangunan di daerah. 

Bupati berpesan agar seluruh komponen masyarakat Kuningan senantiasa menjaga kondusifitas daerah dan lebih bersinergi membangun Kabupaten Kuningan.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Musyawarah Daerah VII LDII Kabupaten Kuningan Dibuka Bupati Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan