Hot News
27 April 2023

Suara Pembaca: Warga Desa Jalaksana Menolak Tower Telekomunikasi



Kuningan, 27 April 2023

Forum Warga Desa Jalaksana


Suarakuningan.com - Menara Telekomunikasi (Tower) milik PT Protelindo di Desa Jalaksana tepatnya di RT 05/01 sudah berdiri selama 20 tahun, di awali dengan kontroversi 20 tahun lalu, tower tersebut tetap berdiri. 


Setelah hampir 20 tahun berdiri, masyarakat mengalami dampak buruk dari keberadaan tower tersebut. Kontribusi perusahaan sebagai kewajiban sesuai Perda No 28 Tahun 2010 pun banyak yang tidak terpenuhi.


“Setelah sewa lahan berakhir Agustus 2022, kami warga Desa Jalaksana sekitar tower milik protelindo menolak perpanjangan izin, sudah banyak dampak buruk bagi masyarakat. Perusahaan selama ini dianggap tidak memenuhi kewajiban sesuai Perda No. 28 Tahun 2010,” ujar Subakti Perwakilan Forum Warga Desa Jalaksana


Penolakan perpanjangan sudah dimulai sejak 2017, di dukung oleh kepala desa terdahulu, sampai sekarang warga masih berjuang terus untuk menolak perpanjangan izin tower tersebut. Surat penolakan warga sudah sering dilayangkan ke pihak pemerintah daerah, tapi tidak ditanggapi serius karena sewa lahan sampai Agustus 2022. 


“Warga selama ini bersabar menunggu kontrak sewa lahan berakhir, kami sudah bertemu dengan pemilik lahan, pemilik lahan juga bersama warga, mendukung yang warga inginkan. Akan tetapi pihak PT Protelindo sebelum lebaran di duga memprovokasi dengan memberikan sebagain uang kepada sebagian masyarakat agar setuju perpanjangan, tapi warga menolak karena warga ingin izin tower tersebut tidak diperpanjang, sampai kapanpun warga tetap menolak keberadaan Tower tersebut,” lanjut Subakti


Menara Telekomunikasi (Tower) milik PT Protelindo tersebut memang berada di tengah pemukiman padat penduduk, banyak dampak buruk yang dirasakan oleh masyarakat. Berakhirnya sewa kontrak lahan sejak Agustus 2022, memunculkan dugaan bahwa saat ini pihak perusahaan belum melakukan perpanjangan izin. 


Pihak pemerintah desa pun menegaskan bahwa jika warga menolak perpanjangan izin tower tersebut. “kami bersama warga, jika warga tidak menghendaki, kami berharap pihak pemerintah daerah dan perusahaan bisa mencari alternatif tempat lain yang jauh dari pemukiman penduduk,” ujar Juhana, Kepala Desa Jalaksana.


Narahubung Warga, 

Redy 08111112***

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Suara Pembaca: Warga Desa Jalaksana Menolak Tower Telekomunikasi Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan