Hot News
19 Juni 2023

Peran TBM Dalam Mengenali Potensi Anak-Anak

 


Vera Verawati


Anak-anak adalah harta yang paling berharga,  semakin membanggakan ketika anak-anak memberikan prestasi dari berbagai bidang, baik akademik maupun sekdar menyalurkan hobi. Setiap anak memiliki keistimewaannya masing-masing. Rumah dan keluarga sebagai lingkungan terkecil yang memberi ruang untuk mereka mampu menunjukan potensi tersebut. 


Selain itu potensi anak-anak akan bisa dikenali ketika diberikan ruang lain, selain rumahnya untuk menggunakan energi mereka. Ruang yang juga memberikan keleluasaan mereka untuk mengeksplore diri. Dari yang di rumah terlihat malu-malu tapi di ruang ini mereka bisa tampil sangat percaya diri.


Taman Baca Masyarakat (TBM) bisa menjadi panggung untuk anak-anak menikmati proses pencarian jati dirinya. Setaiap kegiatan di TBM dari bermain permainan sederhana hingga yang mengasah otak, dari mewarnai gambar hingga menantang dengan gambar bertema, dari menulis aksara hingga merangkai cerita.


Semua kegiatan yang melibatkan baik fisik maupun emosional secara keseluruhan mampu merangsang perkembangan motorik anak-anak. Seperti halnya yang ada di TBM Pondok Kata RZ, selama 3 tahun bergerak anak-anak yang menjadi pengguna TBM secara berkala terlihat kemajuan yang signifikan dari sejak pertama kehadirannya.


Terbukti setelah hampir satu tahun lebih, bakat anak-anak pengguna TBM mulai terlihat. Dari prestasi yang mereka tunjukan di antaranya sebagai Juara Lomba Membaca Puisi Tingkat SD sekabupaten Kuningan, Lomba Menulis Carita Pondok tingkat SD Sekecamatan Kramatmulya, dan Lomba Menulis Cerpen Tingkat SD Sekecamatan Kramatmulya dan masih banyak lagi prestasi anak-anak lainnya. 


Maka TBM akan mampu mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat pengguna TBM jika pemerintahan desa ikut membantu dalam memberikan fasilitas dalam proses kegiatan di TBM plus ikut andil menjadikan TBM sebagai ruang bertemu dalam menyuarakan pendapat pada satu issue yang perlu ditindak lanjuti di masyarakat. 


Kepercayaan dari masyarakat serta dukungannya dengan mengarahkan anak-anak untuk menjadikan TBM sebagai ruang bermain dan belajar, seyogyanya menjadi jalan untuk para orang tua menemukan potensi terbaik anak-anaknya sejak dini. Mari gunakan TBM sebagai rumah kedua untuk kita. 


Kuningan, 19 Juni 2023

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Peran TBM Dalam Mengenali Potensi Anak-Anak Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan