Hot News
10 Agustus 2023

Mahasiswa Universitas Islam BBC Pelatihan IT untuk UMKM Opak Becak dan Rengginang di Desa Mandirancan



suarakuningan.com - Kuliah Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program dari mata kuliah yang bertujuan untuk menerapkan ilmu yang sudah di peroleh dengan terjun langsung ke Masyarakat. Universita Islam Bunga Bangsa Cirebon ikut berpartisipasi dengan Pembangunan desa yang ada di jawa barat dengan mengadakan program kuliah pengabdian Masyarakat ( KPM). 


Dengan program ini mahasiswa mampu membantu Masyarakat desa dalam Upaya Pembangunan desa melalui pengabdian pada Masyarakat langsung. Potensi yang di dapat di desa tersebut dapat di jadikan sebuah bahan kajian untuk menemukan suatu permasalahan yang kemudian mahasiswa dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada.


Mahasiswa KPM UI BBC Mandirancan bantu kembangkan UMKM makanan ringan yaitu opak dengan memberikan pendampingan kepada pelaku usaha yang ada di Desa Mandirancan, Kecamatan Mandirancan Kabupaten Kuningan Selasa 08 agustus 2023.


Tahap pertama kelompok mahasiswa KPM UIBBC memberikan pengetahuan mengenai apa itu digital marketing dan memberikan sedikit gambarannya. Tahap kedua kelompok mahasiswa UI BBC membuatkan logo untuk UMKM opak becak dan rengginang milik Julaeha yang nantinya akan menjadi label dari UMKM ini, tahap ketiga membuatkan media sosial Instagram, facebook, shopee dan juga membuatkan katalog yang menarik didalamnya selain itu KPM UIBBC juga mendaftarkan umkm ke google maps. Selanjutnya mahasiswa KPM UIBBC membuatkan banner umkm yang berlabel kan Opak becak dan Rengginang ibu Enju (Julaeha).


Julaeha selaku pemilik umkm ini sangat antusias dengan program dari mahasiswa kpm uibbc. “Terimakasih sudah membantu usaha saya, dengan program dari KPM Bunga Bangsa Cirebon sekarang saya bisa punya logo sendiri Instagram, facebook, shopee bahkan banner yang sudah dibuatkan untuk saya. Semoga kedepannya usaha saya ini bisa lebih berkembang dan lancar,” tuturnya.


Dari kegiatan ini kelompok KPM UI BBC berharap agar pelaku UMKM bisa termotivasi dan lebih giat lagi dalam mengembangkan usahanya. "Dengan pembekalan mengenai digital marketing, diharapkan pelaku umkm juga dapat menjangkau konsumen secara luas dan meningkatkan profit penjualannya" ungkapan Basri Ketua dan Wakil KPM Mandiran Sandi.


Sementara harapan Dosen Pembimbing Dr. Iman Subasman kegiatan KPM didedikasikan untuk membangkitkan semangat masyarakat dan memperbaiki keadaan ekonomi dan pengembangan aset di desa.(red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Mahasiswa Universitas Islam BBC Pelatihan IT untuk UMKM Opak Becak dan Rengginang di Desa Mandirancan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan