Hot News
12 Agustus 2023

Sah, Tahun 1481 M Menjadi Tahun Jadi Wilanagara!

 



suarakuningan.com - Tahun jadi adalah sebuah hal yang penting dalam perjanalan sebuah daerah. Banyak pemerintahan daerah yang melakukan pelbagai upaya untuk mencari kapan mulainya suatu daerah dibangun oleh para pendiri wilayah tersebut. Ada yang mengusahakannya dengan cara yang ilmiah, namun ada pula yang mengupayakannya dengan cara lain di luar metode ilmiah.


Wilanagara adalah salah satu desa di Kecamatan Luragung yang berusaha menyibak misteri tahun jadi desa mereka dengan cara yang ilmiah. Bekerja sama dengan tim peneliti sejarah “Pamanah Rasa Institue” dari Cirebon, pemerintah desa Wilanagara akhirnya menemukan tahun di mana desa mereka disebutkan dalam sebuah peristiwa sejarah yang memengaruhi peradaban masyarakat Wilanagara.

Wow, Desa Wilanagara Usianya Sudah Lebih Dari 500 Tahun!

Tahun Jadi Wilanagara yang dimaksud adalah tahun 1481 M, tahun di mana Sunan Maulana Jati bermukim di wilayah tersebut dan melakukan aktivitas dakwah serta rapat untuk merumuskan strategi syiar Islam mereka di Kawasan Pasundan tersebut. “Tahun itu kami temukan dalam naskah kuno yang dikenal sebagai naskah Purwaka Caruban Nagari,” kata Dr. Tendi, S.Pd., S.T., M.Hum selalu ketua tim peneliti.

Hari Jadi Ke-172 Desa Ciwaru Dilaunching Buku Sejarah Desa

Apa yang termaktub dalam manuskrip itu, sejalan dengan tradisi lisan yang berkembang di masyarakat Wilanagara, di mana di sejumlah tempat di desa itu, diyakini sebagai tempat yang digunakan sejak zaman para wali, seperti Lemah Luhur sebagai tempat rapatnya para wali, dan Pancuran Mas tempat membersihkan diri para wali dan muslim awal lainnya saat berada di Wilanagara.

SuaraKuningan.com Video - Wejangan Romo Djathi Kusumo Sinhasari

“Tim peneliti sejarah sebenarnya menyajikan beberapa opsi perihal Tahun Jadi Wilanagara, tapi dalam musyawarah desa tadi, masyarakat Wilanagara sepakat untuk tahun nya di Tahun 1481 M. Alhamdulillah setelah disepakati secara bulat dan segera akan ditetapkan melalui Peraturan Desa untuk keperluan legal formalnya," ujar Asep Sudiana, S.Kom., sebagai Kepala Desa saat ditanya di lokasi.

Kuningan Pada Saat Menjadi Katumenggungan

Dengan adanya kesepakatan dan ketetapan tersebut, maka umur dari Wilanagara sudah 542 Tahun, terhitung sejak Tahun 1481 M saat Kanjeng Sunan Maulana Jati bermukim di Wilanagara. Menurut tradisi lisan setempat, nama Wilanagara sendiri berasal dari kata Wali Nagara karena di sana tempat rapatnya para wali membicarakan masa depan negara.(red)


Berita lainnya:

Desa Wajib Tanam Kopi Kuningan Pada Zaman Kompeni



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Sah, Tahun 1481 M Menjadi Tahun Jadi Wilanagara! Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan