Hot News
24 Oktober 2023

MWC NU dan PAC GP Ansor Kecamatan Cibingbin Gelar Beragam Acara Peringati Maulid Nabi dan HSN 2023

 

Cibingbin BerSholawat bersama Habib Zaidan Bin Haidar bin Yahya 

Suarakuningan.com - Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) berkolaborasi Dengan Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Cibingbin untuk menggelar acara HSN (Hari Santri Nasional) dan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan beragam kegiatan berlangsung dua hari pada Sabtu dan Senin, 21 dan 23 Oktober 2023.


Kegiatan tersebut juga melibatkan elemen Pesantren, Lembaga, dan Organisasi juga masyarakat Di wilayah Kecamatan Cibingbin yaitu : Pesantren Bani Syahir, Pesantren Sabilunajah, Pesantren Al – Khoeriyah, Pesantren Rumah Qur'an, Pesantren Al – Amin, Kanzus Sholawat Kecamatan Cibingbin, LPD Al – Khoeriah, Sabina Peduli, DKM Se-Kecamatan Cibingbin, Remaja Islam Masjid (Rima) Desa Cibingbin, Majelis Rasulullah Kecamatan Cibingbin, Rumah Sakit Permata, Rumah Sakit Hasna Medika, Kuningan Eye Center, serta para sponsor.

Pengobatan dan Medical Check Up Gratis

Kegiatan ini dibuka dan diawali dengan Lomba Vokal Grup, diikuti peserta dari tingkatan SD/MI Se-Kecamatan Cibingbin Sabtu, 21 Oktober 2023. Dengan membawakan dua buah lagu wajib yakni Yalal Wathan dan Mars Hari Santri.

Kemudian di hari berikutnya  Senin, 23 Oktober 2023, kegiatan upacara HSN yang di Ikuti oleh para santri-santriwati dari pondok-pondok pesantren dan siswa-siswi dari tingkat SMA/SMK, SMP/MTs, dan SD/MI se-Kecamatan Cibingbin. 

Usai upacara, dilanjut dengan Kirab Kebangsaan dari Lapangan Desa Sukaharja hingga finish di Lapangan Ranggajaya Cibingbin.

Di hari yang sama juga digelar Pengobatan dan Medical Check Up Gratis untuk masyarakat Kecamatan Cibingbin yang berlokasi di Balai Desa Cibingbin.

Kemudian Kegiatan di Malam hari dilaksanakan Santunan Anak yatim oleh Sabina Peduli kepada 100 anak di wilayah Kecamatan Cibingbin.

Dan acara puncak yakni Cibingbin BerSholawat bersama Habib Zaidan Bin Haidar bin Yahya juga tim hadroh Sekar langit dari Boyolali yang berlangsung di Lapangan Ranggajaya Cibingbin.

Turut hadir tamu undangan kegiatan tersebut diantaranya, Ketua PCNU Kabupaten Kuningan KH Aam Aminuddin, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kuningan, Muhamad Rasdi, Anggota DPR RI H. Yanuar Prihatin MSi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Yosa Oktora Santono, Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Ali Akbar, Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Camat Cibingbin Dra. Hj. Imas Minarsih, Kapolsek Cibingbin IPTU Asep Alamsyah , dan Danramil 1506 Cibingbin Kapten Inf. Kantir, dan Kepala Desa Cibingbin Wawan Sofwan.

Turut meramaikan juga bazar yang diisi oleh UMKM di wilayah Kecamatan Cibingbin, dengan di digelar nya bazar ini guna meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Antusias dari masyarakat Cibingbin luar biasa,  kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 5.000 ribu orang dari wilayah Cibingbin.

Ketua Pelaksana, Jujun Junaedi A yang juga Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Cibingbin menyampaikan dalam sambutannya, “tujuan dari di gelarnya kegiatan ini untuk mengenang jasa dari para mendiang kiyai dan santri yang telah berjuang demi menjaga dan mempertahankan Bangsa kesatuan Republik Indonesia. Santri dikenal dengan ketaatannya pada ajaran Islam, yang juga memasukkan unsur-unsur patriotisme dan perjuangan untuk keadilan sosial.”

“Dalam era ini, para santri harus terus menjadi pilar kekuatan dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Islam yang moderat dan toleran, Yang telah menjadi ciri khas Indonesia,” lanjutnya.

Jujun menambahkan, “tujuan melaksanakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW diantaranya adalah untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selain untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW, kita juga bisa belajar untuk mengingat kembali sejarah dan ajaran-ajaran yang telah ditinggalkan oleh nabi Muhammad SAW. Mudah-mudahan kita semua mengingat dan patut meneladani atas sifat-sifat nabi yang seperti Sidiq, Amanah, Tabligh, dan Fatonah.”

“Saya ucapkan terimakasih kepada tamu undangan yang telah berkenan hadir, juga semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam kegiatan ini, tak lupa kepada Sponsor Utama Djarum semoga bisa tetap bersilaturahim dan terus bekerjasama di kegiatan berikutnya,” ujarnya. (red)

terkait: 

MDS Rijalul Ansor Kuningan Adakan Selapanan Rutin

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: MWC NU dan PAC GP Ansor Kecamatan Cibingbin Gelar Beragam Acara Peringati Maulid Nabi dan HSN 2023 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan