Hot News
24 Januari 2024

Bermodal Keramahan Warga, Puluhan Ribu Siswa Fieldtrip dan Homestay di Desa Widarasari Kuningan


suarakuningan.com - Home Stay Kuningan merupakan penyelenggara Fieldtrip yang beralamatkan di  Jalan. Raya Widarasari DesaWidarasari Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan, yang sejak tahun 2013 fokus menyelenggarakan fieldtrip dan memperkenalkan agrowisata, pengenalan seni budaya, tempat bersejarah, dan wisata edukasi di Kuningan ke sekolah-sekolah di wilayah Depok dan kota-kota sekitarnya.

"Sejak Juni 2013, Kami sudah mengajak Puluhan ribu wisatawan untuk ber fieldtrip dn homestay di Widarasari", Sanusi Heryanto, SPdI selaku Owner Home Stay Kuningan menjelaskan.


Sanusi Heryanto, SPdI

“Setelah kemarin dua tahun kami berhenti karena pandemi, alhamdulillah tahun 2023 lalu kami mulai mengadakan lagi kegiatan. Sekali lagi alhamdulillah, antusias sekolah-sekolah untuk mengunjungi Desa Widarasi meningkat,” ungkapnya.

Awal mula ide pendirian Home Stay Kuningan adalah pertanyaan sederhana dari Sanusi Heryanto, SPdI kepada beberapa Kepala Sekolah dan Guru khsususnya sesama perantau asal Kuningan di wilayah Depok dan Jakarta.

"Kenapa sekolah-sekolah di Jakarta, lebih memilih ke Yogyakarta, Bali dan lainnya untuk fieldtrip siswa-siswanya. Kuningan juga punya banyak tempat wisata indah, budaya dan seni yang hebat?"

Dari obrolan sederhana tersebut, Sanusi terinspirasi sebuah program acara televisi swasta “Andai Aku Menjadi...” lalu menyusunnya dalam sebuah konsep fieldtrip dan homestay. Dan konsep ini didiskusikan untuk menambah saran masukan dari pihak sekolah-sekolah yang kemudian menjadi pelanggan kegiatan fieldtrip homsestay Desa Widasari tersebut.

Pada bulan Juni 2013 Home Stay Kuningan mendapat kunjungan yang pertama dari Rombongan SMAN 04 Depok dengan Jumlah pengunjung 417 siswa guru 23. 

Paket kegiatan fieldtrip saat itu adalah kunjungan ke Gedung Naskah Linggajati, Musium Purbakala Cipari, Fieldtrip dan agrowisata di Desa Widarasari, pertunjukan seni malam harinya, dan hari terakhir “siswa ikut kegiatan rutin orangtua angkat masing-masing” sebagai pengalaman sosial masing-masing siswa.

“Saat kunjungan pertama, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch. Suganda berkenan memberikan sambutan, dan beliau hadir didampingi suami, H. Aang Suganda yang secara pribadi mengacungkan jempol atas ide kami untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kuningan,” kenangnya.

“Saya sampaikan terimakasih dan bangga, kepada seluruh warga Desa Widarasi serta perangkat desa Widarasari yang begitu antusias menerima konsep kunjungan wisata ke desa. Dan kunjungan pertama dari SMAN 04 Depok tersebut mendapat apresiasi  dari pihak sekolah. Testimoni mereka tentang keramahan warga dan beragam kegiatan yang kita konsep, dapat diterima. Begitu pula warga yang awalnya belum pernah membayangkan bakal mendapat kunjungan ratusan siswa dan diinapi serta jadi orang tua angkat masing masing (homestay) akhirnya menerima kegiatan tersebut,” kisahnya.

Luar Biasa. Kepuasan mereka menjadi promosi dari mulut ke mulut di sekolah-sekolah di wilayah Depok dan Jakarta

Sampai tahun 2023 ini, Home Stay Kuningan tercatat sudah menarik kunjungan 60 Kunjungan lebih dan rata-rata setiap kunjungan membawa hampir 500 siswa dan guru. 

“dari kegiatan kunjungan fieldtrip dan homestay di Desa kami, sedikitnya memberikan kontribusi ekonomi kepada masyarakat, selain tentu manfaaf edukasi pengalaman outing class bagi para siswa,” pungkasnya.


Ratusan Rumah Warga "Disulap" Jadi Homestay

Hal yang menarik dari perjalanan Fieldtrip & Homestay Widarasari ini adalah, keramahan warga dan kekompakkan perangkat serta para pemuda Desa Widarasari yang mampu "menyulap" ratusan rumah warga menjadi homestay bagi para wisatawan pelajar ini.

Untuk pengelolaan administrasi dan penyebaran wisatawan memang dilakukan oleh managemen bersama dengan naungan Widara Mandiri Homestay Kuningan Desa Widarasari, namun untuk rumah tinggal (homestay) yang terdaftar berdasarkan kesepakatan dan kesediaan para pemilik rumah masing-masing, tentu dengan pertimbangan kondisi pemilik rumah.

Luar biasa, tanpa atribut "DESA WISATA", Warga Desa Widarasari telah menjadi belajar menjadi "tuan rumah" bagi para wisatawan fieldtrip selama ini.

Selama adanya kegiatan, keamanan pengunjung menjadi perhatian bersama oleh warga, baik perangkat desa, sesepuh, pemuda dan petugas linmas. Dalam waktu yang relatif singkat kunjungan, para pengunjung baik siswa maupun pihak sekolah yang mendampingi merasakan suasana interaksi di desa.   

Homestay Kuningan telah menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang populer di Kabupaten Kuningan. Konsep fieldtrip dan homestay yang unik serta keramahan warga telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain memberikan pengalaman edukasi yang menarik bagi siswa, kegiatan ini juga telah memberikan kontribusi ekonomi kepada masyarakat setempat.

Klik Youtube Homestay Widarasari 

Untuk reservasi kegiatan fieldtrip dan homestay Widarasari Kuningan dapat menghubungi kontak Widara Mandiri Homestay Kuningan melalui Whatsapp: +62 813 1242 1045


#wisatakuningan

#homestaywidarasari_kuningan

#fieldtripwidarasari_kuningan

#wisatawidarasari_kuningan


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Bermodal Keramahan Warga, Puluhan Ribu Siswa Fieldtrip dan Homestay di Desa Widarasari Kuningan Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan