Hot News
1 Juni 2024

Harlah Pancasila 2024, Upgrading IPPMK Bahas Kepemimpinan dan Keorganisasian



Suarakuningan.com - Dalam rangka mengawali kepengurusan baru, Ikatan Pemuda pelajar dan Mahasiswa Kuningan (IPPMK) Jadetabek mengadakan Upgrading IPPMK. Kegiatan ini diselenggarakan setelah acara pelantikan yang bertempat di Gedung DPRD Kota Tangerang Selatan pada hari Sabtu (01/06/2024).

Upgrading ini membahas mengenai kepemimpinan yang disampaikan oleh Alfath Hidayatullah dan keorganisasian yang disampaikan oleh Raga Anugerah Sugema. 

Bertepatan dengan hari lahir Pancasila, Alfath Hidayatullah menyampaikan implementasi kepemimpinan yang sesuai dengan 5 sila Pancasila, “Dalam sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, seorang pemimpin harus punya integritas dan kenormalan spiritual untuk memberikan contoh dan teladan kepada anggotanya untuk bisa menghormati perbedaan individu, perbedaan agama, dan lain-lain,” ujarnya.

“Sila kedua, tentang Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, seorang pemimpin tidak boleh mempunyai sifat diskriminatif, seorang pemimpin harus membuat semua anggota sama rata. Selanjutnya dalam sila kegita, mengenai Persatuan Indonesia, seorang pemimpin harus mempunyai cara untuk meminimalisir konflik yang dapat memecah belah individua tau organisasi,” sambungnya.

Alfath melanjutkan mengenai sila keempat dan kelima, “Dalam sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpim oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, implementasi dalam sebuah organisasi ialah segala keputusan dalam organisasi harus melalui musyawarah dalam mufakat.”



“Dan yang terakhir, sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, ibaratkan ketika satu minum teh, maka semua harus minum teh. Ketika satu minum air putih, maka semua minum air putih. Jika ada satu yang tidak minum, maka artinya organisasi tersebut tidak makmur,” sambungnya. 

Mengenai keorganisasian, Raga Anugerah Sugema mengawali dengan definisi dari organisasi itu sendiri. Mengutip dari Max Weber, Raga menyampaikan bahwa organisasi ialah sekumpulan orang yang saling bekerja sama satu sama lain untuk tujuan kelompok dan terdapat pembagian kerja dan hierarki. 

“Ketika masuk organisasi, pasti semua orang mempunyai tujuannya masing-masing. Selain mempunyai tujuan pribadi, organisasi juga mempunyai tujuan yang kolektif. Bentuk bakti untuk mencapai tujuan organisasi, salah satunya dengan ikut menjalankan program kerja itu,” tuturnya.

Terkait urgensi Pancasila dalam organisasi, Raga menuturkan mengenai asas tunggal Pancasila pada masa Orde Baru. 

“Asas tunggal Pancasila itu masa dimana pemerintahan mensyaratkan organisasi itu dasarnya harus Pancasila. Apabila tidak mencantumkan Pancasila, itu akan menjadi kesalahan bagi organisasi pada masa itu. Di masa itu juga, ada namanya NKK/BKK, yang merupakan singkatan dari Normalisasi Kehidupan Kampus/Badan Koordinator Kemahasiswaan, yang tugasnya memantau organisasi-organisasi, seperti dema, hmps, ekstra, yang apabila mengadakan diskusi harus sesuai dengan Pancasila,” ujarnya.

Selanjutnya, Raga menyampaikan, “melanjutkan apa yang disampaikan oleh Alfath, bahwasanya Pancasila itu tidak boleh dilihat sebagai Ideologi Tunggal. Soekarno sendiri juga bilang bahwa dalam teori organisasi itu ada yang namanya ideologi, ada yang namanya meta ideologi. Ideologi itu ialah ide-ide yang kita percayai bahwa ide itu baik dan benar, dan karena ide itu, kita bergerak dan berjuang. Meta ideologi ialah pandangan hidup yang mendasari ideologi tersebut. Nilai dan filosofis itu masuk kedalam meta ideologi.”

Sebagai penutup, Raga membahas mengenai organisasi, magang dan volunteer. Ia menyampaikan bahwa meskipun organisasi, magang dan volunteer adalah tiga hal yang berbeda, tetapi ini juga merupakan tiga hal yang beririsan satu sama lain.(Risa/IPPMK Jadetabek/red)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Harlah Pancasila 2024, Upgrading IPPMK Bahas Kepemimpinan dan Keorganisasian Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan