728x90 AdSpace

19 April 2016

Lomba Lintas Alam, Sebuah Penanaman Kecintaan akan Alam



Suarakuningan.com - Lintas alam mendidik kita tentang kerjasama, menumbuhkan solidaritas yang kuat antar anggota tim. Selain itu juga, lintas alam mengajarkan kita untuk mengenal alam lebih dekat, dan dapat bercengkrama dengan alam secara langsung.

Kabupaten Kuningan patut bersyukur, secara geografis terletak di kaki Gunung Ciremai. Dengan keindahan alamnya yang khas dan kesejukan udaranya, mengundang para penikmatnya untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan alam. Wisata alam pun menjadi keharusan untuk dikunjungi setidaknya di saat hari libur untuk sekedar menghilangkan penat akibat aktivitas sehari-hari.

Desa Cisantana Kecamatan Cigugur merupakan salah satu desa yang sangat dekat dengan keindahan alam Ciremai. Makanya tidak heran ketika di Desa tersebut sering menjadi jalur pendakian gunung Ciremai yang ramai dikunjungi pendaki.

Anugerah itu tidak luput dari perhatian Karang Taruna Cisantana, berbagai aktivitas atau kegiatan sering mereka lakukan. Salah satunya yang terdekat, yaitu Lomba Lintas Alam antar SMP dan SMA sederajat. Samsu Rawas selaku Ketua Karang Taruna Desa Cisantana menuturkan bahwa Kegiatan Lomba Lintas Alam merupakan ikhtiar dari organisasi yang di pimpinnya untuk mengajak pelajar SMP dan SMA khususnya Kabupaten Kuningan untuk mengenal lebih jauh akan kekayaan dan keindahan alam Kabupaten Kuningan.

Kami mengadakan kegiatan ini tidak hanya melaksanakan program kerja semata, melainkan lebih ke pemanfaatan potensi alam yang di sinkronisasi dengan potensi pemuda Desa Cisantana. Tidak bisa dipungkiri bahwa, potensi alam yang dimiliki Cisantana perlu dilestarikan tentunya oleh kami selaku pemuda Cisantana. Ya, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kondisi alam di Desa kami, pungkas Samsu.

Di tempat yang sama, ketua panitia Dicki Purnama menjelaskan, “kegiatan ini kita akan laksanakan pada tanggal 07 Mei 2016 dengan rute yang panitia rencanakan yaitu jalur naratas lereng Ciremai. Start dari lapang desa cisantana menuju wisata alam lembah cilengkrang lanjut ke bumi perkemahan ipukan berjalan terus melalui jalur pendakian memasuki lahan warga dilanjut ke wisata alam palutungan melangkah ke gunung batu sukageri desa sukamanah dan finish kembali di lapangan desa cisantana.”

Lebih lanjut Dicki menerangkan bahwa untuk pendaftaran kita sudah buka dan untuk calon peserta bisa mendaftar setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00 Wib melalui kontak person  saudara Endun 082315388114, Dadang 089516188227, Iwansyah 081222095186. Untuk persyaratan peserta yaitu jumlah anggota setiap regunya terdiri dari 5 orang dari siswa sekolah yang sama, dan setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari 2 regu. Untuk mengikuti kegiatan ini dikenakan biaya Rp. 50.000/regu. Bagi yang berminat silahkan untuk mendaftarkan regu dari sekolahnya masing-masing, tandas Dicki.(Biq’s)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Lomba Lintas Alam, Sebuah Penanaman Kecintaan akan Alam Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan