Hot News
7 Agustus 2018

KPU Kuningan Gelar Rakor Penyusunan DPT Pemilu 2019



suarakuningan.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Menuju Daftar Pemlih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 di De Jehans Hotel Kuningan yang dilangsungkan selama dua hari, 6 - 7 Agustus 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani, beserta Anggota PPK Divisi Teknis se-Kabupaten Kuningan yang berjumlah 32 orang.

Adapun dasar hukum kegiatan ini adalah PKPU Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Di Dalam Negeri Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum, dan PKPU nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggarasn Pemilihan Umum Tahun 2019.

Pada hari Senin (06/08) pukul 14:15 WIB rapat resmi dilaksanakan di Meeting Room De Jehans Hotel Kuningan yang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Kuningan Heni Susilawati, sebelumnya Heni dalam sambutan acara menyampaikan apresiasinya kepada PPK yang terus konsisten dan komitmen mengawal pemutakhiran daftar pemilih, dimana sampai dengan saat ini masih berlangsung pengumuman daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang di lakukan di 376 desa/kelurahan se-Kabupaten Kuningan, juga ia pun menyampaikan bahwa jalinan komunikasi, koordinasi dan relasi dengan PPS di 376 desa akan menentukan kecepatan dan keakuratan data yang nanti dimutakhirkan oleh PPK yang akan ditindak lanjuti melalui Aplikasi Sidalih.

Sinergitas dan komunikasi yang baik dengan PPS di 376 desa harus terus diupayakan oleh PPK karena kecepatan dan keakuratan data ditentukan dari Komitmen PPK dilapangan dengan PPS, tentu sukses di Pilkada 2018 mudah mudahan bisa terulang di Pemilu 2019, agar public trust , kepercayaan publik kepada seluruh jajaran penyelenggara terus meningkat” tutur Heni Susilawati.

Dalam Pemilu 2019 ini heni juga menyampaikan ada tantangan besar yang akan di hadapi, yakni merekrut 3566 TPS x 7 KPPS x 2 Petugas Ketertiban sekitar 32,085 orang yang akan direkrut di Pemilu 2019 nanti dengan tentu kriteria serba ideal yang harus dipenuhi seperti Netralitas, Integritas, dan Professionalitas, karenda dalam Pileg sendiri terutama kita akan bersinggungan dengan sanak saudara, kerabat, keluarga. maka dari itu merekrut SDM untuk Pemilu 2019 merupakan tantangan besar yang mesti dilalui oleh teman teman PPK dalam Pemilu ini, Mapping sedari sekarang dirasa perlu untuk memetakan siapa saja yang akan di rekrut pada penyelenggaraan pemilu nanti.

Kemudian setelah penyampaian dari Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Dada Hamdani selaku Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Perencanaan dan Data menyampaikan setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) ada rentan waktu dimana mungkin ada pemilih yang meninggal, ada yang belum terdaftar, identitas nya berubah, hal-hal tersebut diperbaiki dalam kegiatan rakor ini untuk selanjutnya di tetapkan di Daftar Pemilih Tetap untuk Pemilu 2019, adapun sumber datanya sendiri berasal dari PPS.

“Kita berharap DPT saat ditetapkan maksimal tanggal 22 Agustus itu menghasilkan data yang faktual data yang sesuai dengan apa yang ada di lapangan, data yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan”. tutur Dadan Hamdani

Jikalau memang terjadi kegandaan data apabila NIK nya sama dan namanya juga sama, karena ini termasuk domainnya Disdukcapil, maka tindak lanjut KPU adalah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil dengan mengkonfirmasi data pemilih tersebut kebenaran alamat tepatnya sesuai dengan letak kependudukannya itu dimana.

Kemudian kegiatan hari ini Selasa (07/08) masih tetap sama yakni memperbaiki data DPSHP Pemilu 2019.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: KPU Kuningan Gelar Rakor Penyusunan DPT Pemilu 2019 Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan