728x90 AdSpace

19 Januari 2019

Artikel Belajar Membaca Al-Quran Penting di Pelajari Sejak Anak Usia Dini



Oleh : Dyan Herliana (PGSD Uniku)
suarakuningan.com - Adik Abdurrahman Wahid alias Gus Dur presiden ke-4 RI, Lily Chodidjah Wahid,usulan tes baca al quran untuk paca calon presiden ia tanggapi. menurut beliau tes tersebut tidakterlalu penting untuk di lakukan karena untuk melihat atu menguji keislaman seseorang tidak perlu untuk dilakukannya tes baca al quran tersebut.

Lily menilai bahwa masyarakat sudah paham mana yang harus di pilih untuk menjadi pemimpin negara ini dan mana yang kurang pantas untuk memimpin negar ini. dan ia juga mengatakan jika warga masyarakat indonesia itu sehat pemikirannya maka dia akan memilih pemimpin yang dapat menjadi panutan dia dalam keislamannya dia juga menegaskan dalam hal seperti ini tidak usah membawa Al-Quran. 

Menurut Burhanuddin Ridlwan (2014), mempelajari al-quran baik itu di baca saja atau pun di hafalkan sebaiknya tidak hanya di baca atau di ucapkan secara lisan saja tapi harus juga di sertai dengan upaya untuk memahaminya karena sesungguhnya allah telah menentukan bahwa al quran adalah panduan atau pedoman umat islam dalam menjalani kehidupan.

Membaca al-quran adalah salah satu upaya untuk memperkuat keimanan namun yang jadi ambigu dalam ungkapan lily di atas adalah hanya membaca saja melaikan dalam kajian teori untuk memperkuat keimanan membaca al-quran harus juga mendalami artinya atau mempelajari maknanya secara mendalam. 

Upaya itu sangat bagus ada tes baca al quran untuk para calon presiden karena akan lebih bagus jika hal itu harus di lakukan dengan mengkaji makna al quran tersebut karena agar para calon presiden juga memahami maknanya dan dapat iya pelajari agar menambah nilai karakter para calon presiden tersebut.

Mungkin ujaran tersebut dalam hal membaca al quran di atas adalah semua orang yang terlibat dalam rencana tersebut menginginkan di Indonesia ini menjadi negara yang aman. Karena kesuksesan dari sebuah negara adalah bagaimana para pemerintah dapat mengolah sumberdaya manusia secara baik dan terus meningkatkan kualitas hidup warga masyarakatnya.

Karena warga masyarakat indonesia juga tidak ingin terus terpuruk dengan kemiskinan mungkin dengan adanya tes baca al quran terhadap para calon presiden dapat menjadi barokah tersendiri untuk dirinya dan dapat menjadi barokah untuk negara indonesia telah di jelakan juga dalam hadist bahwa membca satu hurup alquran 1 kebaikan itu di lipat gandakan menjadi sepuluh  kebaikan.

Hal Tersebut juga dapat di jadikan sebagai motivasi atau tolak ukur bagi anak usia dini agar ia mau untuk mempelajari al-quran karena mempelari al-quran adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan, dalam Al-Quran juga telah di jelaskan bahwa manusia harus membaca, karena untuk menjadi orang yang cerdas jangan lah malas untuk membaca terutama membaca ayat suci Al-Quran karena kandungan ayat suci Al-Quran sangatlah bermakna bagi kehidupan terutama bagi orang yang mampu mengamalkan isi dalam Al-Quran itu sendiri.

Jika hal tersebut dapat terlaksana baca tes Al- Quran jua mungkin dapat di terapkan bagi para penerus bangsa yang ingin melanjutkan sekolah bisa di lakukan tes baca Al-Quran tersebut agar dapat menjadi suatu ciri khas umat islam karena di indonesia ini sudah jarang sekali sekolah yang melakukan hal tersebut. Seperti halnya sudah ada di daerah daerah tertentu yang sudah mengadakan ketentuan bawasannya anak yang ingin melanjtkan sekolahnya ke SMP/MTs harus memiliki Ijazah Madrasah Diniyah, hal tersebut adalah salah satu upaya untuk menjadi ciri khas negara yang mayoritasnya umat muslim.

Di indonesia mayoritas adalah umat muslim mungkin ujaran di atas menginginkan bahwa calon presiden di indonesia mampu membaca Al-Quran karena jika dan peresiden di indonesia juga diharapkan mampu menjadikan indonesia sebagai negara yang masih melestarikan budaya keislamanya karena Allah juga telah bersabda bahwa dalam (Qs. Al-A’raf: 179) “Dan sesunguhnya, kami akan mengisi neraka jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. mereka memiliki hati, tetapi tidak di pergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) Al ayat.

Jadi orang-orang yang mengusulkan hal tersebut mungkin mengingikan setelah para calon presiden tes baca Al-Quran dapat di tiru oleh para umat muslim terutama di bidang pendidikan karena orang-orang tersebut ingin para penerus bangsan indonesia adalah orang-orang yang benar benar berkompeten yait orang yang benar benar terdidik baik itu dari akhlaqnya maupun dari pengetahuannya agar negara indonesia ini dapat maju tidak hanya terus berkembang.***
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel Belajar Membaca Al-Quran Penting di Pelajari Sejak Anak Usia Dini Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan