728x90 AdSpace

20 Januari 2019

Artikel: Pentingnya Pendidikan Moral Kemandirian Bagi Anak Indonesia


Oleh: Gina Khoeru Sifa (3E PGSD Universitas Kuningan)

suarakuningan.com - Pendidikan moral sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak karena pendidikan moral merupakan dasar sikap yang harus dimiliki oleh anak-anak indonesia. 

Oleh karena itu di Indonesia banyak kejadian atau peristiwa yang menyimpang atau suatu tindakan kriminal yang dilakukan oleh anak-anak yang dipicu oleh buruknya moral anak-anak bangsa, selain itu juga dapat dipicu oleh kurangnya perhatian dari masyarakat terhadap pendidikan moral yang harus diberikan di sekolah, dan yang paling penting adalah pendidikan atau pengajaran moral dari orang tua dan lingkungan tempat tinggalnya.

Tindakan kriminalitas atau tindakan menyimpang yang sering dilakukan oleh anak-anak dan remaja di Indonesia adalah seperti kecurangan, pencurian, pencopetan, kekerasan, free sex dan bullying. Dengan hal tersebut merupakan contoh dari rusaknya moral yang akan menjadikan generasi muda sebagai generasi yang tidak bermoral dan tidak bertanggung jawab. Salah satu contoh dari rusaknya moral anak adalah banyaknya siswa yang melakukan kecurangan saat ujian berlangsung yang dilakukan sejak Sekolah Dasar. 

Hal itu dapat terjadi karena kurangnya nilai  moral kemandirian pada siswa. Kemandirian merupakan sikap atau perilaku yang mencerminkan perbuatan individual, tanpa bantuan dan pertolongan dari orang lain. Kemandirian seorang anak dapat dipicu oleh kepercayaan diri. Kepercayaan diri seorang anak dapat tumbuh apabila anak merasa aman, dengan begitu anak akan lebih mau melakukan kegiatannya sendiri, anak akan mempunyai motivasi untuk belajar, anak akan lebih mempelajari ketrampilan baru, dan anak akan lebih baik dalam beradaptasi.

Anak juga akan memiliki kepercayaan yang lebih bahwa mereka cukup kompeten untuk menghadapi ujian sekolah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sikap moral kemandirian pada anak-anak di Indonesia dintaranya, dengan menjadikan pendidikan moral sebagai pendidikan yang wajib di sekolah yang ada di Indonesia serta pendidikan moral yang terjadi di rumah dan lingkungan sekitarnya.

Pendidikan moral harus dijadikan sebagai pendidikan yang wajib di sekolah-sekolah seluruh Indonesia, karena sekolah merupakan tempat anak untuk belajar dan menadapatkan ilmu pengetahuan, meskipun di sekolah terdapat pelajaran yang berhubungan dengan moral seperti pelajaran kewarganegaraan namun itu belum cukup karena biasanya pelajaran tersebut masih menjelaskan pengetahuan secara umum belum secara khusus, sehingga perlu adanya pendidikan moral yang lebih mendalam atau khusus.

Contohnya menjelaskan kepada para siswa hubungan moral dengan teknologi saat ini yang begitu canggih tetapi pemanfaatannya banyak yang menyalahgunakan sehingga merusak moral anak-anak bangsa Indonesia. Menurut Ahmad Nawawi (2010) pendidikan nilai moral adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh manusia (orang dewasa) yang terencana untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik (anak, generasi penerus) menanamkan ketuhanan, nilai-nilai estetik dan etik, nilai baik dan buruk, benar dan salah, mengenai perbuatan, sikap dan kewajiban; akhlaq mulia, budi pekerti luhur agar mencapai kedewasaannya dan bertanggungjawab.

Berikutnya yang sangat penting dalam meningkatkan nilai moral pada diri anak yaitu pendidikan moral yang dilakukan di rumah dan lingkungannya, karena untuk meninggatkan moral tidak hanya dilakukan di sekolah saja tetapi yang paling penting adalah pendidikan moral di rumah dan di lingkungannya karena anak-anak tumbuh dan berkembang di lingkungan tersebut. Orang tua dapat meningkatkan kemandirian anak, seperti anak didorong agar melakukan sendiri kegiatan sehari-hari misalnya seperti mandi sendiri, membersihkan kamarnya sendiri dan lainnya sehingga mereka menjadi terbiasa dan mampu melakukan sendiri tidak bergantung kepada orang tuanya. 

Biarkan anak melakukan segala sesuatu dengan sendirinya, walaupun masing sering terjadi kesalahan, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Pihak sekolah juga dapat melakukan kerja sama dengan orang tua dengan memberikan pemahaman mengenai kemandirian seorang anak dan bagaimana cara mejaga sikap kepada anak-anak sehingga dapat dinilai sebagai individu yang bemoral tinggi.
 
Betapa pentingnya peran orang tua dalam memberikan sikap dan anjaran mereka terhadap moral anak yang akan membawa dan menuntun anak di masa depan kelak, sehingga dapat dilihat bahwa tingkah laku seorang anak adalah cerminan atau gambaran dari keluarga dan lingkungan tempat ia tinggal. Didalam keluarga, kasih sayang dan cinta merupakan unsur yang paling penting dalam menjadi orang tua yang bijaksana. Jika anak merasa dicintai dan disayangi oleh orang tuanya, maka anak tersebut akan merasa aman.

Berbagai pihak akan sangat berkaitan terhadap meningkatkan moral anak dan sangat berpengaruh terhadap moral anak bangsa Indonesia.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

4 komentar:

Silahkan Berkomentar...
- Harap sesuai dengan Konten
- Mohon Santun
Terimakasih Telah Memberikan Komentar.

Item Reviewed: Artikel: Pentingnya Pendidikan Moral Kemandirian Bagi Anak Indonesia Rating: 5 Reviewed By: SuaraKuningan